Narasumber Kepala Dikpora dan Kepala BPAD DIY, Peserta Seminar "Perpustakaan di Era Digital Native" di SMA Muhi Jogja Mbludaaag!! Lihat Videonya di Sini.


Keren!!!! Jozzzz gandossss Pak De.... Seminar dengan tema "Perpustakaan di Era Digital Native" yang diadakan oleh Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sukses beraaaaat! Hampir 200 peserta haidr dalam seminar tersebut, dari target yang hanya 150 peserta saja! Meluber kemana-mana. Wah waaaaah.... Para peserta ini terdiri dari berbagai unsur masyarakat pendidikan, mulai dari kepala sekolah, guru, pustakawan, pegiat TBM, pengurus organisasi profesi kepustakawanan, hingga mahasiswa ilmu perpustakaan yang ada di DIY ini hadir dalam seminar tersebut.

Bertempat di Aula SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, seminar yang diadakan kemarin hari Kamis, 23 Februari 2017 ini menghadirkan 2 orang narasumber yang sangat berpengaruh di dunia pendidikan di DIY ini. Siapa lagi kalau bukan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Bapak Drs. Baskoro Aji, MM. serta Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY Bapak Budi Wibowo, SH., MM.

Beliau berdua memberikan materi terkait perkembangan dan peran perpustakaan, khususnya perpustakaan sekolah, di era digital native ini. Era di mana hampir setiap orang memiliki gadget dan setiap saat terkoneksi dengan internet. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri bagi pustakawan sekolah dalam mengelola perpustakaan sekolah. 

Dalam paparannya, kepala BPAD DIY, bapak Budi Wibowo, SH., MM. menyatakan bahwa seluruh elemen masyarakat khususnya kaum muda yang masih duduk di bangku sekolah harus selalu berpikir kritis, cakap dalam menggunakan information and digital literacy skill dalam keseharian dan seluruh aspek kehidupannya. Perpustakaan sekolah menjadi satu-satunya wahana bagi para siswa untuk mendapatkan dan mengembangkan information and digital literacy skill tersebut. 

Masih dalam pemaparan kepala BPAD DIY, tugas pustakawa sekolah saat ini tidaklah mudah, di mana era digital begitu luar biasa, ledakan informasi terjadi setiap detiknya. Untuk itu, pengembangan perpustakaan digital tidak bisa dihindarkan lagi. BPAD DIY sendiri telah melakukan beragam upaya untuk menyikapi hal ini, mulai dari penguatan koleksi dan layanan, perancangan web perpustakaan dengan konsep yang interaktif, penggiatan pemahaman literasi informasi dan literasi digital melalui beragam kegiatan yang diadakan BPAD DIY, hingga pemanfaatan jejaring sosial untuk menunjang layanan perpustakaan.

Seminar yang dimoderatori oleh Bapak Arsidi, SIP., MIP. dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta ini berlangsung sangat dinamis. Selepas pemaparan dari pemateri, peserta langsung antusias untuk bertanya kepada narasumber. Banyak yang bertanya hal-hal yang terkait dengan materi seminar, namun tak sedikit pula peserta yang "curhat" kepada Kepala Dinas Dikpora DIY, Bapak Drs. baskoro Aji., MM. Secara ini kesempatan yang sangat langka bisa bertemu langsung dengan orang nomor satu di dunia pendidikan di DIY ini. ^_^


Selepas seminar, peserta seminar dipersilahkan untuk berkunjung sekaligus melakukan study banding di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta ini, yang saat ini menyandang gelar sebagai perpustakaan sekolah tingkat SMA terbaik di Indonesia. Lho kok bisa? Iyaaaa.... Soale, tahun lalu Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta ini meraih juara 1 Nasional untuk lomba perpustakaan sekolah tingkat SMA yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional RI. Yang belum tahu, pasti belum gak staytune di blog ini kan? Hayooooo... ^_^ Nihhhh lihat di link di bawah ini untuk tahu informasinyaaaa... 

Naaaaaah.... Selanjutnyaa... Monggo untuk video pemaparan dari Kepala BPAD DIY dan Kepala Dinas Dikpora DIY, silahkan simak di bawah ini. Seru. Gayeng. Lucu. Peserta sampai dibuat terpingkal-pingkal oleh Pak Kepala Dinas ini. TOP MARKOTOP!!!!!




Berikut ini foto-foto kegiatannya.









Untuk Materi Seminar, Silahkan Unduh di link di bawah ini :
Semoga bermanfaat. O iya, selain seminar, pada saat yang bersamaan, Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta juga meluncurkan (launching) Mobil Perpustakaan "Teras Pustaka". Nanti akan Pustakawan Jogja ulas tersendiri. Tunggu saja...! ^_^


***

Post a Comment

0 Comments