Transfer D3 Ilmu Perpustakaan UIN ke S1 Ilmu Perpustakaan UT. Apa Saja Yang Harus Disiapkan?? Nih Dia Gaesss.....

Menyambung artikel yang kemarin nih gaessss... Sing endi? Itu lhoooo yang kemarin judulnya Mengajukan Alih Kredit dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Jogja ke S1 Ilmu Perpustakaan UT.  Kemarin Pustakawan Jogja menjanjikan untuk membuatkan artikel lanjutan tentang alih kredit dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ke S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka (UT).

Bla bla bla.... dan ahirnya berkas-berkas semua sudah siap. Langsung cus ke kantor Pos. Di sana ketemu mbak-mbak kantor Pos yang cantik jelita... *Ups!!! Sayangnya... saya gak berani foto dia. Hahahahaahaaaaa....

Eh kembali ke berkas. Hmmmm.... jadi apa saja yang perlu dipersiapkan dan dikirimkan untuk keperluan alih kredit dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ke S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka (UT) ini?

Ada beberapa berkas, yaitu :
  1. FC Ijazah D3 Ilmu Perpustakaan yang dilegalisir
  2. FC Transkrip Nilai D3 Ilmu Perpustakaan yang dilegalisir
  3. Deskripsi Mata Kuliah dari jenjang D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga (minta ke jurusan ^_^ )
  4. Formulir Alih Kredit (ada di Modul UT, saya lampirkan di bawah)
  5. FC Kartu Mahasiswa UT 
  6. Surat Permohonan Alih Kredit (ada di Modul UT, saya lampirkan di bawah)
Ini dia berkas-berkasnya.... (Untuk kita dari Jurusan Ilmu Perpustakaan, pada lampiran 5, 6, dan 8 tidak usah. Cuma lampiran pada poin 1, 2, 3, 4, dan 7 - seperti yang saya rincikan di atas tadi.)






Naaaaaahh berkas2 tersebut... jika sudah lengkap, langsung di kirim ke Universitas Terbuka (UT) Pusat. Alamatnya? Niiiiih.....

Kepada :
Yth. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Melalui Kepala BAAPM Universitas Terbuka
u/p Kepala Bagian Administrasi Kelulusan BAAPM

Jl. Cabe Raya Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Kode Pos : 15418
Telp. 021-7490941, pes. 1340, 1339
Faks. 021-7490158


Ngirimnya bisa ke kantor Pos. Bisa juga pakai jasa kurir swasta, seperti J*E, TI*I, dll.. Kalau saya lebih senang ke kantor Pos. ^_^ Kemarin saya pilih dengan paket yang paling cepat, Kilat Ekspres kalau gak salah. Murah, cuma 29 ribu rupiah biayane. Sehari sampai. ^_^

O iya, biasane, alih kredit ini akan di proses sekira 2 bulan. Nanti kita akan dapat balasan dari sana. Maka, perlu kita perhatikan bagian ALAMAT PENGIRIM, yaitu alamat kita. Sebagai trik, baiknya kita tulis alamat instansi kita saja. Biar lebih mudah dijangkau oleh Pak Posnya. Jadi nanti surat balasan dari UT Pusat ke kita gak salah alamat, apalagi nyasar ke alamat palsu... (kemana.. kemana... kemanaaaaaaa... Heheheheee...)


Naaah sekarang sudah jelas kan?? Makane... Ayok adik-adik mahasiswa D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, juga dari D3 Ilmu Perpustakaan perguruan tinggi yang lain seperti UNS, UNDIP, dll jika ingin lanjut ke jenjang S1, UT bisa menjadi alternatif pilihan yang menyenangkan. Kusus untuk D3 Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, ijazah kita diharga 88 SKS oleh UT. Jadi tidak mengulang dari awal lagi. Penjelasan lengkapnya, klik DI SINI deeeeeh....

Naaaaah sekerang semua sudah jelas kan? Semoga bermanfaat.... ^_^

O iya, ini saya lampirkan MODUL UT dalam bentuk PDF, untuk dibaca-baca. Juga untuk melengkapi syarat-syarat alih kredit atau transfer kuliah ini.
Silahkan unduh di sini (klik):
Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bisa lewat kolom komentar atau via email. ^_^ Semoga bermanfaat yaaaaa.... Salam Pustakawan Indonesia!

Baca juga :


***

Post a Comment

14 Comments

  1. Selain UT ada lg ga mbak? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk transfer ke S1 dari D3 Perpustakaan (setahu saya) bisa ke Unair (Univ Airlangga), USU (Unv Sumatera Utara), dan ke Univ Yarsi Jakarta.

      Delete
    2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. Selain UT ada lg ga mbak? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk transfer ke S1 dari D3 Perpustakaan (setahu saya) bisa ke Unair (Univ Airlangga), USU (Unv Sumatera Utara), dan ke Univ Yarsi Jakarta.

      Delete
  3. Saya mahasiswi ilmu perpustakaan juga di UIN Sunan Kalijaga, tahun depan insya'Allah selesai dan berniat utk melanjutkan kuliah s1, selain di UT di mana lagi ya kak univ yg membuka transfer d3 ke s1 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk transfer ke S1 dari D3 Perpustakaan (setahu saya) bisa ke Unair (Univ Airlangga), USU (Unv Sumatera Utara), dan ke Univ Yarsi Jakarta.

      Delete
  4. Aslamualaikum kalau mau daftar langsung jadi mahasiswa transfer dari D3 KE S1 Bisa nggak sih?? Trus apakah ada batasan waktu penutupan?? Karena saya mau wisuda tahun ini mau daftar pakai transkrip nilai nanti ijazah belakangan?? Setelah wisuda??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam wr wb. Bisa tranfer D3 ke S1. Untuk pendaftaran mahasiswa baru UT, tdk ada batasanya. Setiap tahun pendaftaran dibuka 2 kali pendaftaran. Seperti yang saya sampaikan dijawaban sebelumnya. ^_^

      Delete
  5. Maaf mau nanya, postingan ini kan sudah tahun 2017, apakah skrg adminnya sudah tamat dgn tepat waktu yaitu 3 semester? Mohon penjelasannya, agar saya tidak melanjutkan ke tempat yg jauh �� terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh... Perlu admin informasikan. bahwa estimasi tamat 3 semester itu adalah dengan asumsi tiap semester bisa mengambil kuliah full 24 sks (sekitar 7 - 8 matakuliah). Dan admin sendiri sampai saat ini belum lulus. ^_^ Semester ini masih harus ambil 1 matakuliah lagi sebelum lulus , yaitu matakuliah tugas ahir. Karena selama ini, admin tidak bisa ambil full. Kadang per semester cuma ambil 5 mata kuliah, karena kesibukan.

      Delete
  6. Maaf mas mau nanya, untuk lampiran no. 1 "Daftar Mata Kuliah yang diajukan untuk dialih kriditkan" itu kita ngisi sendiri ya ?
    Mohon pencerahannya hehe Terima Kasih..

    ReplyDelete
  7. Artikel bermanfaat. Semoga dapat balasan kebaikan juga. Terima kasih

    ReplyDelete