Menghadiri Peringatan Dies Natalis Perpustakaan UGM Yang Ke-65



Ceritane hari ini tanggal 1 Maret 2016. saya mendapat undangan untuk menghadiri Peringatan Dies Natalis Perpustakaan UGM yang ke-65. Bertempat di Gedung L1 lantai 2 Perpustakaan Pusat UGM, kedatangan saya kali ini dalam kapasitas sebagai perwakilan dari ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) DIY. Karena saya lihat dari daftar tamu undangan, ternyata acara ini selain mengundang pihak-pihak dari internal UGM seperti Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Direktur SDM UGM, Kepala Kantor Administrasi Fakultas/Sekolah UGM, Kepala Perpustakaan dan Pustakawan Fakultas maupun Perpustakaan Pusat UGM, juga mengundang beberapa pihak dari luar seperti ATPUSI, IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia), BPAD DIY, Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta DIY, Ketua Jogja Library For All, dan juga tamu undangan dari kalangan mahasiswa UGM.

Dengan menghadirkan sekitar 70 undangan, acara peringatan Dies Natalis ini berjalan dengan khidmat dan lancar. Ada satu hal yang sangat menarik bagi saya dari acara ini, yaitu sebelum acara dimuali, pembawa cara menyampaikan beberapa informasi ringan seperti letak dan jumlah toilet (kamar mandi) dan juga letak dan jumlah pintu utama (pintu masuk dan pintu keluar) serta letak dan jumlah pintu keluar darurat. Selain itu pembawa acara menginformasikan kepada tamu undangan untuk tetap bersikap tenag dan tidak panik jika terjadi keadaan darurat, kemudian untuk berjalan dan keluar melalui pintu utama maupun pintu darurat yang ada. Sangat menarik dan seingat saya baru kali ini saya temui sebuah prosedur keamanan di dalam sebuah acara. Dan ini patut kita apresiasi dan kita contoh.

Selanjutnya untuk acara, dimulai dari Pembukaan kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne UGM. Setelah itu dilanjutkan dengan Pembacaan Laporan Tahunan Perpustakaan UGM yang berjudul "Optimalisasi Peran SDM Perpustakaan dalam Mendukung Pencapaian Visi dan Misi Universitas Gadjah Mada" oleh Kepala Perpustakaan UGM, Dra. Nawang Purwanti, M.Lib.

Setelah Pembacaan Laporan Tahunan Perpustakaan UGM, dilanjutkan dengan Sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Pof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Ph.D. Selain itu, acara peringatan Dies Natalis UGM ini juga diisi dengan Orasi Ilmiah Oleh Drs. Ida Fajar Priyanto, M.A., Ph.D yang berjudul  "Pustakawan Berkualitas"

Setelah orasi ilmiah, acara ditutup dengan pembacaan doa oleh salah seorang pustakawan UGM, Bapak Sarwono, SIP, MA. Kemudian dilanjutkan dengan acara ramah-tamah. Seluruh tamu undangan membaur dalam keakraban, saling bersapa berkenalan, dan berbincang sembari menikmati hidangan yang ada. Berikut ini sedikit foto yang bisa saya share tentang kegiatan peringatan Dies Natalis Perpustakaan UGM yang ke-65 ini.


Surat Undangan

Pembacaan Laporan Tahunan

Sambutan Pof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Ph.D

Orasi Ilmiah oleh Drs. Ida Fajar Priyanto, MA., Ph.D.

Pemotongan Tumpeng

Pembacaan Doa

Sekian semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments