Jaringan Kerjasama Perpustakaan Dan Informasi - Materi Inisiasi 2 Tutorial Online UT S1 Ilmu Perpustakaan



Kerjasama Pelayanan Pemustaka

Kerja sama pelayanan terhadap pemustaka menjadi tren yang belum membudaya di Indonesia. Namun setidaknya kegiatan semacam ini telah menjadi diskusi yang sudah dibicarakan di sejumlah tempat dengan melihat berbagai masalah-masalah yang menuntut penyelesaian. Misalnya saja adalah terbatasnya koleksi yang dimiliki, tuntutan pemustaka terhadap pemenuhan kebutuhan informasi, terbatasnya anggaran untuk mengadakan koleksi, dan lain-lain. Ada beberapa kerjasama pelayanan pemustaka yang penting yaitu
  1. Kerjasama silang layan
  2. Kerjasama penyediaan fasilitas
  3. Kerjasama pendidikan dan pelatihan
Pelayanan perpustakaan dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya adalah dengan melakukan kerja sama perpustakaan sebagai upaya pemaksimalan pemanfaatan koleksi dan perpustakaan itu sendiri. Karena dapat dikatakan bahwa tidak ada satu pun perpustakaan yang ada di dunia ini yang dapat memenuhi semua permintaan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Jaringan kerja sama ini dalam kegiatannya mencakup pula pada pelayanan terhadap pemustaka yang dapat digolongkan dalam pelayanan teknis serta pelayanan pemustaka. Pelayanan ini termasuk di dalamnya adalah sistem silang layan memiliki arti pemberian jasa perpustakaan dan informasi yang diberikan oleh sebuah perpustakaan kepada perpustakaan lain. Silang layan mencakup pemberian jasa antara dua perpustakaan atau lebih; jasa ini dapat berupa membantu penelusuran, pencarian materi perpustakaan, menyediakan fasilitas untuk anggota perpustakaan lain, elektronik maupun digital. Untuk merencanakan kongsi sumber daya antara berbagai lembaga, perlu mempertimbangkan kesediaan masing-masing peserta, ketersediaan anggaran, kebutuhan dominan pemakai, infrastruktur penunjang dan kemampuan politik khususnya pada tingkat rektor untuk perguruan tinggi, agar kerja sama dapat berjalan.

Selamat Belajar!


Forum Diskusi II

Coba Anda jelaskan beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan bagi terbentuknya perpustakaan elektronik !

Selamat Belajar !

Post a Comment

0 Comments