Jaringan Kerjasama Perpustakaan Dan Informasi - Materi Inisiasi 4 Tutorial Online UT S1 Ilmu Perpustakaan

INISIASI  IV

Digitalisasi dan SimpanPengetahuan Bersama

Perkembangan dunia internet menyebabkan para teknolog menyadari bahwa sistem komputer harus dapat melayani populasi dengan beragam kepentingan. Selain itu, juga disadari bahwa pengetahuan tidak pernah berbentuk satu paket yang rapi dan jelas batas-batasnya. Di dalam situasi seperti itulah, pada era 1990an, orang mulai bicara tentang perpustakaan digital.

Popularitas istilah Knowledge Management dan ketertarikan orang menggunakan komputer untuk mengelola pengetahuan telah membawa kita pada kenyataan bahwa pengetahuan tak dapat dipisahkan dari sekelompok orang sekaligus sebagai pengguna dan sumber pengetahuan itu sendiri, saling bersinergi secara dinamis dan aktif menghasilkan pengetahuan baru di antara mereka. Semua ini terjadi di ruang maya (cyber) atau secara online. Teknologi internet, aplikasi bulletin board dan mailing list yang sudah berusia cukup “tua” untuk perkembangan teknologi informasi, dikombinasikan dengan surat elektronik (e-mail), sistem pengkalan data, dan search engine, telah menciptakan lingkungan digital yang sangat membantu pemakai memanfaatkan pengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat, baik secara individu maupun sebagai bagian dari sebuah komunitas.

Perpustakaan digital adalah berbagai organisasi yang menyediakan sumber daya, termasuk pegawai yang terlatih khusus, untuk memilih, mengatur, menawarkan akses intelektual, memahami, menyebarkan, menjaga integritas, menjamin keutuhan karya digital, sedemikian rupa sehingga koleksi tersebut tersedia siap digunakan dan terjangkau secara ekonomis oleh komunitas tertentu atau sekumpulan komunitas.

Di Amerika, pada awal dekade 1990-an telah merebak berbagai proyek untuk digitalisasi dokumen maupun koleksi perpustakaan oleh berbagai universitas, asosiasi ilmiah, maupun penerbit komersial. Berbagai proyek inilah yang mendorong kelahiran DLI (Digital Libraries Initiative) pada tahun 1994. Proyek DLI ini melibatkan secara langsung tiga departemen pemerintah (National Science Foundation, NASA, dan Defense Advance Research Project Agency). 

Mekanisme seperti ini yang diterapkan pada sistem perpustakaan digital dengan menggunakan perangkat lunak GDL (Ganesha Digital Library) yang dikembangkan oleh Knowledge Management Research Group (KMRG) dari ITB. Perpustakaan pengguna GDL dapat secara otomatis memanen dan mengumpulkan meta data koleksi perpustakaan lain sesama pengguna GDL dan menempatkannya dalam server lokal, sehingga dapat ditelusur secara efisien oleh pengguna perpustakaan setempat.

Selamat Belajar!


** DISKUSI 4

Berikan argumen Anda apa kelebihan perpustakaan digital sekaligus kekurangannya ?
Selamat Berdiskusi!
Salam, Tutor Ib Arifah Bintarti



Kesimpulan Diskusi 4


Kelebihan perpustakaan digital antara lain :
  1. Tidak ada batasan fisik. Pengguna perpustakaan tidak perlu datang secara langsung ke perpustakaan untuk memanfaatkan koleksi yang disediakan perpustakaan.
  2. Tersedia sepanjang waktu. Pengguna dari seluruh dunia dapat mengakses informasi kapan saja, selama tersedia koneksi Internet.
  3. Akses Ganda. Sumber daya yang sama dapat dimanfaatkan oleh banyak pengguna pada saat yang sama.
  4. Pendekatan terstruktur. Penyediaan akses kepada koleksi yang lebih kaya melalui pola yang lebih terstruktur.
  5. Temu kembali informasi. Terdapat fleksibilitas dalam menggunakan istilah-istilah penelusuran yang berupa kata kunci.
  6. Pelestarian dan Konservasi. Turunan yang persis sama dari koleksi aslinya dapat dibuat berkali-kali sesuai kebutuhan tanpa mengurangi kualitasnya.
  7. Ruang. Informasi dalam bentuk digital hanya memerlukan ruang yang sedikit, apalagi media penyimpanan saat ini semakin murah, dan semakin besar daya tampungnya.
  8. Nilai tambah. Karakteristik objek digital tertentu, terutama kaulitas gambar, dapat diperbaiki.
  9. Mudah untuk diakses. Perpustakaan digital sangat mudah diakses, apalagi dengan perkembangan teknologi perangkat keras dan perangkat lunak sekarang ini.
Kekurangan perpustakaan digital antara lain:
  1. Tidak semua dokumen dapat dilakukan digitasi dengan mudah.
  2. Dokumen berhak cipta akan memerlukan persyaratan khusus untuk dapat dilakukan digitasi.

Post a Comment

0 Comments