Hebat...!!! Inovasi Luar Biasa dari Perpustakaan SDN 2 Rajamandala Kulon. 3000 Lebih Kunjungan per Bulan.


Wes, tak bisa berkata-kata lagi.. Ternyata eh ternyata di luar sana begitu banyak perpustakaan sekolah yang semakin maju dan kreatif melebihi perpustakaan yang kita kelola (alhamdulillah...). Walaupun tidak kita pungkiri pula bahwa masih begitu banyak pula perpustakaan sekolah yang kondisinya masih sangat sangat miris dan memprihatinkan, tapi setidaknya perkembangan perpustakaaan sekolah yang semakin baik ini sedikit banyak membawa angin segar bagi kita pengelola perpustakaan sekolah. Minimal kita bisa menjadikannya sebagai rujukan untuk mengelola perpustakaan kita semakin baik lagi.

Naaaah salah satu dari sekian perpustakaan sekolah yang luar biasa itu adalah Perpustakaan SDN 2 Rajamandala Kulon yang berada di Jl. Stasiun Rajamandala No.4 Desa Rajamandala Kec. Cipatat Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Perpustakaan ini, dengan berbagai inivasi program serta layanannya, mampu menaikkan kunjungan dari yang semula hanya 20 kunjungan per bulannya, menjadi 3.000 kunjungan per bulan!! Wah... sebuah angka kunjungan yang fantastis untuk sebuah perpustakaan sekolah dasar.

Bagaimana bisa? Hmmmm... terdorong oleh rasa penasaran, saya ahirnya stalking bin kepo-kepo ke penjuru dunia maya demi mendapatkan informasi lebih lengkap tentang perpustakaan ini. Waaah waaaahh... semakin saya kepoin, semakin saya geleng-geleng kepala dibuatnya. Jozzzz tenan.... (Y)


Lantas apa saja inovasi dan keunggulan perpustakaan ini? Pertanyaan cerdas! Hmmmm beberapa inovasi luar biasa yang dilakukan perpustakaan ini antara lain:
  1. Mengubah perpustakaan yang tadinya tidak nyaman menjadi lebih nyaman, 
  2. Menambahkan pojok baca di setiap kelas, 
  3. Menempelkan berbagai bacaan di lorong sekolah sehingga murid menjadi tertarik membaca.
  4. Perpustakaan dikkemas menjadi taman baca dan dilengkapi audiovisual sehingga guru bisa menjadikannya sebagai tempat pembelajaran.
  5. Setiap harinya, pihak sekolah mengadakan membaca senyap yang dimulai pukul 07:10 hingga 07:25 WIB, yang mana kepala sekolah, guru, murid, bahkan orang tua yang mengantarkan anaknya diwajibkan membaca.
Efeknya?? Wah waaaaahh.... selain tingkat kunjungan yang melonjak luar biasa, buku yang dibaca murid setiap bulannya meningkat dari sebelumnya nol buku menjadi empat hingga lima bacaan per bulan. Bahkan ada yang menyelesaikan 20 buku setiap bulannya!! Its so amazing broo..! Dan memang, kunci dari semua itu adalah terletak pada kenyamanan ruang perpustakaan. Perpustakaan yang nyaman untuk membaca sangat diperlukan, karena perpustakaan merupakan jantungnya budaya membaca.

Saat ini perpustakaan ini memiliki koleksi buku sekira 5.000 judul khusus buku pelajaran. Di luar itu, ada juga buku bacaan lain seperti novel dan tentu saja komik yang sangat digemari anak-anak. Teman-teman mau lihat foto-fotonya nggak? Ini dia sudah saya browsing-kan dari internet, teman-teman tinggal melihat saja. Semoga saya gak kena cekal hak cipta yaaaa... hehehehe.. Sumonggo....





Masih belum puas? Yaelah.... oke deh.. saya beri video tentang kegiatan di Perpustakaan SDN 2 Rajamandala Kulon ini. Cekidot....!




Bagaimana? Hebat kan? Semoga meng-inspirasi teman-teman semua. Jika mau mendapatkan info lebih banyak tentang perpustakaan ini, silahkan kunjungi tautan di bawah ini:

  1. Profil Perpustakaan SDN 2 Rajamandala Kulon
  2. Layanan Prima Perpustakaan SDN 2 Rajamandala Kulon
  3. OPAC/Katalog Online Perpustakaan SDN 2 Rajamandala Kulon
  4. Berita Perpustakaan SDN 2 Rajamandala Kulon
  5. Pengembangan Minat Baca di Perpustakaan SDN 2 Rajamandala Kulon
Ayo semangat berkarya untuk perpustakaan dan pemustaka kita.
#PustakawanBergerak
#PustakawanBerkarya

***


Post a Comment

11 Comments

  1. Keren banget tapi itu butuh dana yg tidak sedikit ya pak

    ReplyDelete
  2. Keren banget tapi itu butuh dana yg tidak sedikit ya pak

    ReplyDelete
  3. Bisa ngga dana desa dialokasikan untuk perpus sprt itu...???

    ReplyDelete
  4. Pengen punya perpustakaan yg seperti itu, sekolah kami bs gak ya

    ReplyDelete
  5. apakah ada komunitas via facebook atau lainnya mengenai perpustakaan, agar sekiranya kita bisa ikut berinovasi

    ReplyDelete
  6. Bagaimana cara untuk mendapatkan dana, agar sarpras perpustakaannya bisa sebagus itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu komunikasi yang baik dengan berbagai pemangku kebijakan Kak. Seperti kepala sekolah, dengan perpustakaan daerah, dinas pendidikan. Bisa juga mencoba mencari bantuan melalui skema CSR (Corprorate Social Responsibilty) dari perusahaan2 di sekitar Kakak.

      Delete