Webinar Literasi Informasi : Memberdayakan Search Engine (Mesin Pencari). Silahkan Unduh Materinya di Sini Lurrr...!!!

 


Ahad kemarin, 18 Oktober 2020. Saya berkesempatan menjadi pemateri di acara Webinar Literasi Informasi yang diprakarsai oleh anak2 muda dari @primeinofficial .

Luar biasa sekali mereka ini. Anak2 muda dengan idealisme yang masih membara, begitu peduli terhadap kondisi masyarakat saat ini. Mereka bergerak melakukan aksi nyata dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait betapa pentingnya kemampuan literasi (melek) informasi, terlebih di era pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir di negeri kita.

Kita semua mafhum, bahwa saat ini, di tengah derasnya gempuran arus informasi yang demikian dahsyatnya, skill literasi informasi; yaitu kemampuan untuk memilih, memilah dan mendayagunakan informasi yang kita dapatkan untuk kemanfaatan diri kita maupun orang lain, sangat mutlak diperlukan. Terlebih saat ini, di masa pandemi ini, beragam informasi bersliweran di jagat maya.

Jangkauan akses internet yang kian masif, serta kepemilikan gawai yang sudah menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat menjadikan informasi, apapun itu, bisa diproduksi dan didistribusi secara cepat. Kita sebagai masyarakat informasi, jika tidak bisa memilih dan memilah, check & recheck setiap informasi yang datang maupun yang kita temukan, akan sangat berbahaya. Karena ketika informasi itu merupakan informasi yang tidak benar (hoax) akan sangat riskan untuk menimbulkan kerugian bahkan kekacauan (chaos) di masyarakat.

Akan tetapi, ketika kita memiliki kemampuan literasi yang baik maka kita akan bisa memilih dan memilah setiap informasi dan kemudian mendayagunakannya untuk kemanfaatan kita, bahkan untuk kemanfaatan masyarakat luas. Bahkan dengan memiliki kemampuan literasi informasi yang mumpuni, kita bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana seharusnya kita mensikapi informasi dan kemudian mendayagunakannya untuk produktivitas masyarakat tsb.

Hal yang paling mendasar dalam peningkatan kemampuan literasi informasi di era digital saat ini adalah, kemampuan untuk memahami apa itu  mesin pencari (search engine), apa fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya. Serta bagaimana cara mencari dan menemukan informasi dengan cepat dan tepat dengan search engine.

Selain itu, penting juga bagi kita untuk bisa mengetahui mana-mana saja sumber informasi yang valid yang terdapat di internet. Serta yang tak kalah penting, bagaimana cara kita untuk bisa mengidentifikasi informasi, apakah itu termasuk informasi yang valid atau malah hoax. 

Semua dikupas tuntas dalam webinar tersebut.







Untuk materi, silahkan unduh di tautan berikut ini :

Demikian semoga bermanfaat... Salam literasi!

Post a Comment

1 Comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete