Friday, 27 July 2018

Kajian Literasi Berbasis Masyarakat bersama DPK Kab Sleman. Hasilnya Akan Dijadikan Perda Lhoooo...!

Naaaah... ini dia kang mas dan mbak yu sekalian. Kemarin (Kamis, 26 Juli 2018) Pustakawan Jogja mendapatkan undangan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sleman, sebagai perwakilan dari Pengurus ATPUSI DIY (jelek-jelek gini Pustakawan Jogja ini Sekretaris ATPUSI DIY lhoooo ^_^ Hehehehee...). Undangan untuk apa?

Yak, betul. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kab. Sleman DIY mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bertema Kajian Literasi Berbasis Masyarakat di Restoran Taman Pring Sewu Jl. Magelang, Sleman DIY. FGD ini sendiri bertujuan untuk mendapatkan suara dan masukan dari berbagai elemen masyarakat, utamanya yang bergerak di dalam bidang perpustakaan dan minat baca. Masukan untuk apa? DPK Kab Sleman bekerjasama dengan Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta hendak melakukan penelitian terkait dengan literasi dan minat baca di Kab Sleman. Dan FGD ini bertujuan untuk mendapatkan masukan untuk penelitian ini tadi.

Sudah barang tentu, dalam acara FGD ini hadir pula akademisi-akademisi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yaitu ada Ibu Dra Labibah Zain MLIS, Ibu Marwiyah S.Ag., MLIS, Bapak Thoriq Tri Wibowo, SIP., MIP dan juga peneliti dari Balai Bahasa Yogyakarta, Bapak Drs. Umar Sidik MSi. Beliau-beliau inilah yang akan melakukan penelitian literasi dan minat baca di Kabupaten Sleman. O iya, selain itu hadir pula Prof. Dr. Partini. Beliau ini Guru Besar Sosiologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Keren tenan to..!







Dra. Labibah Zain MLIS dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


Prof. Dr. Partini dari UGM






Seperti yang Pustakawan Jogja sebutkan tadi, dalam acara ini hadir pula tamu-tamu undangan dari berbagai elemen masyarakat yang konsen bergerak di dunia literasi dan perpustakaan, yaitu ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) DIY, IPI (Ikatan Pustakawan Indoenesia) DIY, FTBM (Forum Taman Baca Masyarakat) Kab. Sleman, pengelola perpustakaan sekolah di Kab. Sleman, dari SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) Kab Sleman seperti dari Dinas Pendidikan, Diskominfo, dll pun turut hadir di acara ini.

Dan hasil penelitian ini nantinya akan dijadikan sebagai pijakan bagi Pemda Kab Sleman untuk membuat kebijakan. Dan bahkan (semoga saja) akan dijadikan dasar untuk membuat Perda (Peraturan Daerah) tentang perpustakaan dan literasi ini. Salut..!

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment