Materi Workshop Indonesia OneSearch (IOS) di UNY. Silahkan Download. Gratis Tis Tis Tis...!


IOS....? Opo kuwi kang? Nah monggo disimak... Sedikit akan saya jelaskan tentang apa itu IOS. Bukan IOS-nya Aple.Inc lho yaaaa..... IOS ini asli karya anak bangsa.

IOS adalah kependekan dari Indonesia OneSearch. Jika kita merujuk kepada situs IOS, Indonesia OneSearch atau IOS adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia. Selain itu, portal ini juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan oleh Perpusnas RI untuk semua anggota yang terdaftar. Untuk bergabung dengan IOS, setiap repositori harus menyediakan API berbasis OAI-PMH (Open Archive Initiatives), sebuah protokol pengambilan metadata yang sudah digunakan oleh 75% lebih repositori di dunia.

Naaaah,,, Itu sekilah definisi dan penjelasan singkat tentang apa itu IOS. Oke deh... Insyaa Allah akan saya buatkan artikel tersendiri soal apa itu IOS atau Indonesia OneSearch ini. Sekarang ini, Pustakawan Jogja hendak berbagi kepada kang mas dan mbak yu sekalian. Berbagai apa?

Masih ada kaitannya dengan IOS ini. Kemarin, tanggal 10 Maret 2017, ada seminar... Eh, workshop ding. Workshop IOS (Indonesia OneSearch) di Universitas Negeri Yogyakarta yang diadakan oleh FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi) DIY. Saya gak ikut. Karena gak tahu kalau ada seminar ini. Tahunya dari temen yang upload status di WA (sudah pada tahu kan WA sekarang ini bisa upload status? Heheheee....) pas dia lagi seminar itu. Dan yang kedua, kayane peserta yang diundang juga dari pustakawan perguruan tinggi. Kayane... Soale temen-temen saya yang datang ke sana, semua dari perpustakaan perguruan tinggi.

Tapi untunglah, ada temen yang baik hati yang ngasih materi workshop tersebut ke Pustakawan Jogja. Naaaaaaaah... Materi workshop inilah yang akan Pustakwan Jogja share kepada kang mas dan mbak yu sekalian. Walaupun gak ikut acara workshopnya.. lumayan kan bisa dapat materinya secara cuma-cuma. Sehingga kita pun tidak ketinggalan informasi dan pengetahuan terbaru tentang IOS ini.

Yuk langsung saja download materinya di sini (KLIK) :

Sumonggo diunduh dan dibaca-baca. Jangan cuma diunduh buat koleksi semata. Hehehee.... Semoga bermanfaat.

***

Post a Comment

0 Comments