Pengertian, Fungsi dan Contoh Katalog Penerbit. Sangat Penting Untuk Bukti Fisik Akreditasi Perpustakaan Lurr..!! Unduh Contoh Katalog Penerbit Terbaru Di Sini

 


Katalog Penerbit adalah katalog yang terdiri dari entri-entri pengarang; disusun menurut abjad nama pengarang yang biasanya juga dapat mencakup entri-entri untuk penyunting, penerjemah, pengarang gabungan, badan korporasi, kata pertama judul, kata ataupun nama lain yang dipakai sebagai tajuk entri.

Bagi toko buku / penerbit buku, katalog penerbit memiliki fungsi sebagai sarana promosi bagi buku-buku yang mereka jual atau mereka terbitkan. Sedangkan di dalam konteks pengelolaan sebuah perpustakaan, katalog penerbit ini memiliki fungsi sebagai alat bantu seleksi bahan pustaka / alat bantu seleksi koleksi perpustakaan.

Akan tetapi pada kenyataannya, belum banyak pustakawan/pengelola perpustakaan yang memanfaatkan keberadaan katalog penerbit ini ketika hendak melakukan pengadaan koleksi. Seringkali para pengelola perpustakaan langsung datang ke toko buku, kemudian melakukan pembelian buku yang "kira-kira" layak atau menarik untuk dibeli. Padahal hal ini kurang tepat. Pengadaan bahan pustaka sebagai salah satu kegiatan dari pengembangan koleksi perpustakaan harus dilakukan dengan baik dan berdasarkan data kebutuhan bahan pustaka. 

Dalam hal pemetaan kebutuhan bahan pustaka ini, perpustakaan / pustakawan bisa melakukannya dengan memberikan angket kepada pemustaka terkait buku-buku apa saja yang mereka butuhkan di perpustakaan, membuat grafik koleksi perpustakaan berdasarkan subjek koleksi sehingga nantinya akan bisa diketahui koleksi apa saja yang masih kurang dan koleksi apa saja yang sudah cukup, serta salah satunya bisa juga dengan melihat katalog buku edisi terbaru dari penerbit/toko buku. Sehingga dalam pengadaan koleksi perpustakaan akan memiliki perencanaan yang baik dan benar-benar didasarkan kepada kebutuhan.

Naaah terkait dengan katalog penerbit sebagai salah satu alat seleksi bahan pustaka itu, banyak di antara pustakawan ataupun pengelola perpustakaan yang belum mengerti dan bahkan tahu bagaimana bentuk dan wujud katalog penerbit itu. Padahal dalam akreditasi perpustakaan, katalog penerbit menjadi salah satu bukti yang harus bisa ditunjukkan kepada asesor terkait dengan instrument pengembangan koleksi di perpustakaan tersebut.

Untuk itulah, kali ini Pustakawan Jogja sudah siapkan beberapa contoh katalog penerbit (dan katalog toko buku) yang bisa kalian unduh gratis di sini lurrr...!! Yokkk cekidooot!



Untuk bisa mendaoatkan katalog penerbit terbaru, biasanya bisa didapatkan dengan mengunjungi website penerbit-penerbit buku yang dikehendaki. Atau bisa dengan cara kontak langsung ke penerbit dan meminta untuk dikirimkan katalog penerbit terbaru yang mereka punya. Kontak penerbit bisa didapatkan dari website penerbit tersebut. Penerbit akan dengan senang hati mengirimkan katalog penerbit yang mereka punya kepada kita. ^^

Semoga bermanfaat.. Salam Literasi!!

Post a Comment

2 Comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  2. Unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah catalog Nama pengarang atau yang dianggap sebagai pengarang Judul buku Judul tambahan Imprint (impressum) untuk menyatakan kota penerbit, penerbit dan tahun terbit;Kolasi untuk menyatakan jumlah halaman keterangan lain dan ukuran buku; Nomor seri bila buku itu mempunyai nomor seri; Anotasi yang merupakan catatan; Tanda buku (call number).
    Jasa Penulis Artikel SEO harga kardus bekas di pengepul harga jual kardus bekas ke pabrik pabrik daur ulang kardus bekas
    Jasa Penulis Artikel SEO jasa percetakan sampul raport K13 percetakan lamongan cetak poster terdekat

    ReplyDelete