Becak Pustaka! Perjuangan Hebat Kakek Berusia 70 Tahun di Kota Pelajar Yogyakarta

 

Lurr.... Kemarin Pustakawan Jogja sempat membaca status dari Pak Joko Santoso (Perpustakaan Nasional). Beliau menuliskan status tentang Becak Pustaka Jogja. Ya betul. Jika di Lampung ada Motor Pustaka, maka di Jogja kini ada Becak Pustaka. Bahkan yang istimewa, Becak Pustaka ini dikelola oleh seorang kakek-kakek yang berusia cukup sepuh, yaitu berusia 70 tahun. Luar biasa. 

Bagaimana kiprah beliau dalam menebarkan semangat literasi melalui Becak Pustaka ini? Berikut ini sekilas Pustakawan Jogja sampaikan dengan mengutip langsung dari  status Pak Joko Santoso.

***

BECAK PUSTAKA  

Becak Mbah Topo amat berbeda dari becak-becak lain. Ada perpustakaan di dalam kendaraan beroda tiga itu. Hampir tiap pagi hingga sore, ia bisa ditemui di Jalan Tentara Pelajar, Yogyakarta. 

Kalau tidak sedang mengantar penumpang, FX Sutopo selalu mangkal menunggu penumpang di seberang jalan gedung BPD DIY. Kalau tidak, pada jam-jam tertentu, ia pindah mangkal menunggu pelanggan di depan pintu gerbang masuk SD Tarakanita Bumijo, yang jaraknya hanya sekitar seratus meter dari tempat mangkal semula. 

Pensiunan PNS Kodim 0734/Yogyakarta itu mengaku memiliki ratusan koleksi buku di rumahnya, Kampung Cokrokusuman, RT4/RW8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja. 

Koleksi bukunya memang tidak langsung sebanyak itu. Bahkan, awalnya Sutopo hanya memiliki empat buah buku. Donatur buku mulai berdatangan setelah melihat keseriusan Sutopo menjalankan becak pustaka. Kakek 70 tahun itu juga mendapat sumbangan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja. Supaya pembaca tidak bosan Sutopo selalu mengganti koleksi buku yang dibawanya setiap hari. 

Salam literasi...! 

Sumber: Radar Jogja, 15/1/18.

***

Semoga semangat literasi ini menular kepada kita, utamanya kita yang masih muda-muda ini. ^_^ Semangat selalu!!!


BACA JUGA : 


Post a Comment

1 Comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete