Nilai Terpaut Tipis, 2 Wakil Bantul Berebut Juara 1. Ini Dia Para Juara Lomba Perpustakaan SMA Tingkat Provinsi DIY Tahun 2020. Selamat!



Gais.. Setelah kemarin Pustakawan Jogja sampaikan informasi terkait dengan hasil lomba perpustakaan desa tingkat provinsi DIY tahun 2020, kali ini giliran hasil lomba perpustakaan sekolah SMA tingkat provinsi DIY yang akan Pustakawan Jogja sampaikan. 

Dinas perpustakaan dan Arsip Daerah DIY bersama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, pada tahun 2020 kembali menyelenggarakan Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja mutu, meningkatkan peran perpustakaan, dan mewujudkan budaya baca dilingkungan sekolah.

Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat DIY tahun 2020, diikuti oleh 10 perpustakaan sekolah di wilayah DIY. Sepuluh perpustakaan tersebut yaitu : SMAN 1 Bantul, SMAN 1 Sedayu, SMAN 1 Cangkringan, SMKN 1 Tempel, SMKN 2 Wonosari, SMKN 1 Wonosari, SMKN 1 Nanggulan, SMK MA'ARIF 1 Wates, SMKN 4 Yogyakarta, SMKN 2 Yogyakarta.

Tahapan awal penilaian dilaksanakan dengan melakukan penilaian administrasi dan presentasi yang dilaksanakan pada tanggal 03 Juni 2020. Penilaian administrasi dilakukan oleh tim Juri dengan memeriksa instrumen lomba berikut bukti fisiknya. Presentasi profil dan kegiatan perpustakaan, dilakukan oleh Kepala perpustakaan sekolah dihadapan Tim Juri untuk memberikan gambaran singkat tentang kondisi perpustakaan. Hasil dari penilai administrasi dan presentasi yaitu terpilihnya 5 perpustakaan yang akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu penilaian visitasi. Lima perpustakaan sekolah tersebut yaitu SMKN 1 Wonosari, SMAN 1 Bantul, SMAN 1 Sedayu, SMAN 1 Cangkringan, SMKN 2 Yogyakarta

Penilaian visitasi dilaksanakan selama dua hari yaitu Selasa & Rabu, 09 & 10 Juni 2020. Penilaian Visitasi dilakukan oleh Tim Juri untuk mendapatkan gambaran seutuhnya tentang kondisi perpustakaan sekolah. Penilaian Visitasi juga dilakukan untuk melakukan klarifikasi, verivikasi dan validasi data serta informasi yang sudah disampaikan melalui pengisian instrument dan presentasi peserta. Hasil dari penilaian Visitasi yaitu terpilihnya juara 1 s.d. Juara Harapan 2 Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat DIY Tahun 2020.

Setelah melakukan penilaian berdasarkan pedoman dan kriteria yang ditetapkan, Tim Juri memutuskan hasil kejuaran dengan Berita Acara Nomor 041/04166 tanggal 10 Juni 2020 Tentang Penilaian dan Penetapan Juara Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat DIY tahun 2020. Hasil kejuaraan tersebut yaitu :

  1. SMAN 1 Bantul - Jl. KHA. Wakhid Hasyim, Jetis, Palbapang, Kec. Bantul, Bantul, DIY - Nilai 955 - Juara I
  2. SMAN 1 Sedayu - Argomulyo, Sedayu, Bantul, DIY - Nilai 920 - Juara II
  3. SMKN 2 Yogyakarta - Jl. P. Mangkubumi / AM. Sangaji 47 Yogyakarta, DIY - Nilai 890 - Juara III
  4. SMAN 1 Cangkringan - Jalan Merapi Golf, Bedoyo Wukirsari, Cangkringan, Sleman, DIY - Nilai 830 - Juara Harapan I
  5. SMKN 1 Wonosari - Jl. Veteran, Wonosari, Gunungkidul, DIY - Nilai 820 - Juara Harapan II
Selengkapnya lihat tabel berikut ini lur... 



Dari hasil kejuaraan yang sudah ditetapkan, SMAN 1 Bantul selanjutnya akan menjadi wakil DIY dalam Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat Nasional tahun 2020. Tahapan lomba di tingkat Nasional dimulai dengan mengirimkan instrumen penilaian dan dokumen pendukung kepada Panitia Pusat yang berkantor di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 

Selamat Kepada SMAN 1 Bantul, semoga dapat mengikuti tahapan lomba dengan lancar dan meraih kembali Juara 1 di tingkat Nasional sebagai wakil DIY.

Sumber berita dan gambar : WEB DPAD DIY

_____________________

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19

Sumber: World Health Organization

  • Cuci tangan dengan bersih menggunakan air-sabun atau hand sanitizer.
  • Menutup hidung dan mulut ketika batuk/bersin menggunakan tissue atau lengan bagian dalam.
  • Tetap di rumah dan mengisolasi diri dari orang lain jika Anda merasa tidak sehat.
  • Hindari pertemuan sosial

Post a Comment

0 Comments