Kerennya Perpustakaan IUKL (Infrastructure University Kuala Lumpur) Malaysia!


Halooo gaisss...!!! Kemarin Pustakawan Jogja sempat upload tentang lowongan Pustakawan di IUKL (Infrastructure University Kuala Lumpur) Malaysia.


Naaah tentu saja banyak di antara temen-temen yang penasaran to, seperti apa Perpustakaan IUKL itu? Right?

Nah.. Untuk mengobati rasa penasaran itu... Pustakawan Jogja langsung melakukan topo broto dan mengerahkan seluruh agent intelejen untuk mencari informasi terkait Perpustakaan IUKL Ini. Yooook cekidooot lurr...!!!!

Perpustakaan Infrastuktur merupakan perpustakaan yang bernaung di bawah lembaga induknya yaitu Infrastructure University Kuala Lumpur Malaysia. Sebagai perpustakaan perguruan tinggi, Perpustakaan IUKL ini melayani seluruh sivitas akademika IUKL. Perpustakaan IUKL ini memiliki beberapa fungsi untuk menunjang tercapainya tujuan perguruan tinggi IUKL, yaitu antara lain sebagai berikut :
  • Ruang belajar dan diskusi,
  • Pusat sumber daya,
  • Portal informasi, dan
  • Repositori pengetahuan.
Perpustakaan IKUL menyediakan akses ke sumber informasi cetak dan elektronik, dan membantu pemustaka dalam studi mereka di IUKL, mengadakan pelatihan, mendukung penelitian dan pengembangan pribadi mereka. Tujuan utama dari Perpustakaan IUKL adalah untuk memberikan layanan berkualitas kepada penggunanya.

Perpustakaan IUKL terletak di lantai atas Blok 2. Yang mana perpustakaan ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian utama berisi koleksi buku dan jurnal Perpustakaan, konter layanan, dan ruang belajar dan diskusi yang sunyi dan hening; bagian lainnya berisi ruang diskusi tambahan untuk para mahasiswa dan pengunjung perpustakaan.

Area Utama Perpustakaan juga berisi empat puluh tujuh unit komputer yang terhubung ke internet, dan juga Perpustakaan IKUL menyediakan akses hotspot nirkabel (Wifi) untuk pengguna laptop dan gadget mobile lainnya.

Lalu apa saja fasilitas dan layanannya? Yoook kita lihat gaisss...!!

FASILITAS 

Komputer dan Wifi

Ada 35 unit komputer dengan akses internet dan aplikasi MS Office. Terletak di "Open Access Area". Pengguna dilarang memasang perangkat lunak apa pun di komputer. Pengguna harus menyimpan file mereka ke drive USB. Semua file yang disimpan ke hard drive akan secara otomatis dihapus ketika komputer di-boot ulang.




Ruang Diskusi

Perpustakaan memiliki 5 ruang diskusi untuk keperluan belajar kelompok. Kamar-kamar dapat menampung hingga 10 pengguna secara instan. Soket listrik dan akses internet nirkabel disediakan di setiap kamar. Pemesanan dapat dilakukan di Konter Sirkulasi.




Area Baca Surat Kabar

Area ini terletak di sebelah Kantor Administrasi Perpustakaan. Sampai dengan saat ini perpustakaan IUKL berlangganan sejumlah 12 jumlah surat kabar seperti yang tercantum di bawah ini :

  1. Berita Harian
  2. Mingguan Malaysia
  3. Nan Yang Siang Pow
  4. New Strait Times
  5. Saturday Star
  6. Sin Chew Daily
  7. Sunday Star
  8. Sunday Times
  9. Tamil Nan Ban
  10. The Star
  11. The Sun
  12. Utusan Malaysia



Auditorium

Auditorium ini terletak di Level 1 yang dilengkapi dengan baik dengan proyektor LCD dan layar putih. Ini dapat digunakan untuk kegiatan pengajaran, seminar, ceramah dan pertemuan. Itu mampu menampung hingga 200 pengguna. Pemesanan dapat dilakukan di Konter Sirkulasi, Level 2.


Loker

Ada 36 unit loker yang tersedia di dekat pintu masuk utama perpustakaan berdasarkan sistem siapa cepat dia dapat. Kuncinya dapat dikumpulkan di Konter Sirkulasi dengan RM0.50 untuk biaya sewa. Siswa disarankan untuk tidak menyimpan barang berharga seperti laptop, ponsel, dokumen identitas pribadi, dll di loker. Perpustakaan tidak akan bertanggung jawab atas keamanan, kehilangan atau kerusakan properti yang disimpan di dalam loker. Siswa harus bertanggung jawab penuh atas barang yang disimpan di loker mereka.



Front Office dan Information Center


Ruang Koleksi Serial 




Mini Theater

Perpustakaan ini juga memiliki teater mini 42 kursi. Dilengkapi dengan proyektor LCD, speaker, soket listrik, dan akses internet nirkabel. Kamar ini lebih disukai digunakan untuk seminar, pembicaraan, kolokium, dan teater. Pemesanan dapat dilakukan di Konter Sirkulasi.



Training Lab

Lab ini sebagian besar digunakan untuk mendukung pelatihan literasi informasi dan memungkinkan pengguna untuk mengakses basis data, jurnal elektronik, buku elektronik dan katalog perpustakaan. Pengguna dapat menggunakan 12 unit komputer yang disediakan di ruangan ini yang terletak di sebelah "Open Access Area". Pencarian di internet hanya diperbolehkan untuk tujuan penelitian.



Ruang Koleksi dan Area Baca




Display Koleksi Baru Perpustakaan

Yang ditempel ini cuma covernya saja lhoooooo


Theses Area

Pastinya nyaman banget buat ngerjain skripsweet di sini ^_^




Adapun untuk layanan di Perpustakaan IUKL, pun cukup beragam gaiss... Di antara layanan-layanan yang ada di sana adalah :


  1. Membership Registration
  2. Borrowing And Returning
  3. Reference Services
  4. Reservation Of Rooms
  5. Inter-Library Loan
  6. Information Literacy Class
  7. ISBN/ISSN Application For Publishing
  8. Printing Service
  9. Library User Guidelines


Wesss... Jika mau lebih lengkapnya, monggo lansung aja buka situs web dari Perpustakaan UIKL ini DI SINI (KLIK) lur... Soale kalau Pustakawan Jogja tuliskan panjang lebar malah do ngantuk ngko. ^_^ Hehehee...

Oke, itu dulu yaaaa... Semoga bermanfaat!!!

Post a Comment

0 Comments