Akreditasi Perpustakaan Sekolah : 4 Hal Utama Yang Perlu Dipersiapkan


Lurrr... di sela-sela kerja di kantor (cieee kantor.. hehehee...) Pustakawan Jogja menerima WA dari salah seorang Pustakawan di salah satu sekolah di Kota Yogyakarta. Beliau menghubungi Pustakawan Jogja, cerita-cerita dan minta beberapa pertimbangan dan saran. Banyak. Sampai pada titik di mana beliau bilang :

"tenan mas saya gatau harus mulai dari mana"

Naaaah dari sini Pustakawan Jogja berpikir, jangan-jangan banyak di antara temen-temen yang juga bingung mau memulai pengerjaan persiapan akreditasi perpustakaan sekolah ini dari mana.

Berikut ini ada sedikit knowladge sharing dari Pustakawan Jogja terkait apa-apa saja yang perlu dilakukan untuk persiapan akreditasi perpustakaan sekolah. Ini dari sepengalaman Pustakawan Jogja selama sekira 7 tahun menjadi pustakawan sekolah. Mungkin nanti temen-temen bisa melengkapi penjelasan ini, sumonggo... ^_^

Yokkk cusss kita bahas.

Pertama dimulai dari borang, kemudian adakan self assessment (penilaian pribadi). Di bagian ini, lakukan dengan benar-benar objektif. Apa adanya. Sehingga bener-bener tahu, bagaimana kondisi perpustakaan kita.

Kedua, setelah tahapan pertama dilakukan dan diketahui hasilnya, kemudian berdasarkan hasil tsb maka tetapkan target yang ingin dicapai. Targetnya ada 2 :

  1. Target Besar > Target capaian nilai ahir akreditasi, misal : A, B, atau C
  2. Target Kecil > Target capaian nilai per poin pada borang akreditasi untuk mencapai target besarnya, misal poin 1 yang semula (dalam self assesment masih d, ditargetkan b)

Ketiga, setelah tahap kedua itu kemudian lakukan tindakan-tindakan teknis untuk perbaikan yang diperlukan untuk mewujudkan poin kedua itu. Seperti pembelian koleksi baru, pembelian sarpras, penyiapan laporan perpustakaan, dsb.

Terahir, selalu konsultasikan dan komunikasikan dengan pihak-pihak terkait seperti pimpinan sekolah dan utamanya pihak BPAD / DPAD melalui pustakawan-pustakawan yang ditugaskan untuk memberikan pendampingan dan pembinaan akreditasi perpustakaan di sekolah kita

Naaah itu empat langkah awal yang bisa kita lakukan untuk persiapan akreditasi perpustakaan sekolah kita, Tentu saja pekerjaan persiapan akreditasi perpustakaan sekolah tidak sesederhana itu fergusoooo.... Kompleks bin rumit. Hehehee..

Adakah temen-temen yang mau menambahkan dan sharing pengalaman juga?
- Teguh Prasetyo Utomo -



Artikel terkait :

Post a Comment

1 Comments