Selamat Wisuda Kawan, Karena Kuliah Sambil Bekerja Itu Tidaklah Mudah (Artikel Khusus Persembahan Untuk Sahabat-Sahabatku Yang Luar Biasa)


Selamat wisuda kawan-kawan seperjuangan Pustakawan Jogja dalam meraih gelar sarjana. Yaaaa.... Teman-teman ini, kebanyakan yang berasal dari D3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang kemudian melanjutkan jenjang S1 Ilmu Perpustakaan di Universitas Terbuka, sama seperti Pustakawan Jogja. Dan ada juga yang memang benar-benar kuliah langsung di S1 Ilmu Perpustakaan di Universitas Terbuka. Kebanyakan teman-teman Pustakawan Jogja ini, utamanya yang berasal dari D3 Ilmu Perpustakaan UIN Suka Yogkarta, adalah mereka yang sudah pada bekerja sebagai pustakawan. Ada yang menjadi pustakawan sekolah, pustakawan di instansi khusus, hingga pustakawan perguruan tinggi.

Bukan hanya dari dalam Kota Jogja saja, banyak dari mereka yang dari Bantul, Kulon Progo, Sleman, bahkan dari Semarang dan Kebumen, yang mereka setiap ahir pekan (Sabtu - Ahad) nglajo ke Jogja demi kuliah. Luar biasa.

Akan tetapi benar. Seperti kata mutiara hikmah yang begitu indah yang sudah karib kita dengar : Man Jadda Wa Jada (Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil), Man Shobaro Zafiro (Siapa yang bersabar akan beruntung), Man Saaro 'Alaa Darbi Washola (Siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai).

Dan kemarin, Rabu 10 April 2018 di Auditorium UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) itu semua terbukti. Sahabat-sahabat Pustakawan Jogja ini berhasil, memetik hasil manis atas peluh, keringat dan bahkan air mata perjuangan mereka. Semua terbayarkan oleh manisnya gelar : Sarjana Ilmu Perpustakaan (S.I.Pust.) yang kini akan terus tersemat mengiringi nama mereka.

Pustakawan Jogja yakin, gelar ini bukan sekedar gelar yang untuk gaya-gayaan bagi mereka. Ini adalah gelar yang didapatkan dengan perjuangan. Menyelaraskan antara teori yang didapatkan di perkuliahan, praktik yang telah dilaksanakan di tempat kerja, serta kemampuan untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang mereka hadapi di kehidupan sehari-hari. Bahkan tak jarang mereka-mereka ini sudah berkeluarga, ngurus anak, suami, dan sebagainya. Luar biasa. Tidak seperti teman-teman mahasiswa umumnya.


Ahirnya... Proud of you kawan. Angkat topi dan standing aplus yang tinggi yang bisa Pustakawan Jogja berikan untuk kalian. Barokallahu fikum. Insyaallah Pustakawan Jogja akan menyusul kalian wisuda juga di periode berikutnya.

Post a Comment

0 Comments