KPDI (Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia) Ke-11 Tahun 2018 Kembali Digelar. Persiapkan Dirimu Gaesss...!!!


Haloooo haloooooo selamat pagi kang mas dan mbak yu sekalian... Pagi ini Pustakawan Jogja sedang ngisi Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan SMP/MTs se-Kota Yogyakarta di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta. Sebenarnya acara ini sudah sejak tanggal 6 kemarin. Terbagi dalam 2 gelombang. Yaitu gelombang 1 tanggal 6-7, dan gelombang 2 tanggal 8-9 Agustus 2018. Dan Pustakawan Jogja mendapatkan jatah ngisi pada tanggal 7 kemarin dan tanggal 9 hari ini.

Lho.. Ngisi pelatihan kok iso nge-blog? Wah pelanggaran ini.... Eitssss..! Sabar. Ini namanya fitur autopilot. ^_^ jadi ini posting otomatis, meskipun hari ini Pustakawan Jogja ngisi pelatihan. Hohohhooo.. Keren to? ^_^

Oke deh langsung saja, hari ini Pustakawan Jogja hendak sedikit mengulik soal KPDI aka Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia. Sebagaimana kita tahu, KPDI ini merupakan salah satu hajatan akbar tahunan dari Perpustakan Nasional RI. Terhitung sampai tahun 2017 kemarin, Perpusnas RI telah mengadakan 10 kali KPDI ini. Dan tahun 2018 ini, KPDI yang ke-11 akan kembali digelar.

Penasaran to? Tentu.... ^_^

Sedikit Pustakawan Jogja kutip dari situs resminya, KPDI Ke-11 Tahun 2018 ini akan mengusung tema “Mobilisasi Pengetahuan Melalui Perpustakaan Digital di Era Disruptif”. Seperti apa itu penjelasannya? Simak dengan baik nih gaessss.... Jangan malas baca..! ^_^

Digital disruption atau disrupsi digital merujuk pada kemajuan teknologi yang mengubah tata cara konvensional yang sudah mapan. Disrupsi digital muncul seiring dengan berkembang pesatnya teknologi digital dan Internet. Saat ini disrupsi digital telah memberikan dampak perubahan dalam berbagai aspek seperti pribadi dan sosial, pekerjaan, bisnis, industri serta pendidikan dan pengetahuan.

Kehadiran Internet, aplikasi dan konten digital telah mengubah tata cara pengetahuan disimpan, disediakan dan disebarluaskan. Perpustakaan sebagai salah satu institusi pengelola pengetahuan tersebut, tidak luput dari perubahan yang diakibatkan oleh fenomena disrupsi digital ini. Hal ini menyebabkan perpustakaan mengatur kembali strategi dalam mengelola dan menyediakan pengetahuan untuk menjawab tantangan tersebut yakni melalui pembangunan perpustakaan digital.

Saat ini jejaring ‘perpustakaan digital’ di Indonesia sudah diwadahi oleh Forum Perpustakaan Digital Indonesia (FPDI), memasuki tahapan di mana perpustakaan digital sudah dipandang memiliki dampak terhadap kehidupan masyarakat secara luas melalui berbagai peran. Salah satu peran perpustakaan digital yang terkait dengan perkembangan terkini pada masyarakat dunia pada umumnya adalah upaya penyebarluasan pengetahuan dalam era disrupsi digital. Perpustakaan digital dipandang memiliki peran penting dalam memastikan diseminasi pengetahuan melalui penyediaan akses ke informasi, sarana teknologi informasi dan komunikasi, bantuan kepada masyarakat dalam pembangunan kapasitas pemanfaatan informasi, serta pelestarian informasi untuk generasi digital saat ini. Hal inilah yang menjadi dasar Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia mengambil tema “Mobilisasi Pengetahuan Melalui Perpustakaan Digital di Era Disruptif” pada konferensi ke-11 (KPDI 11) tahun 2018 ini.

Hahahaha.... Piye, Mumet moco tulisan semono akehe? ^_^ Ini tak tambahi lagi... Jadi selain tema besar “Mobilisasi Pengetahuan Melalui Perpustakaan Digital di Era Disruptif”, KPDI ke-11 Tahun 2018 ini akan membahas pula topik-topik aktual berikut ini :

Topik
  1. Sumber pengetahuan terbuka (open knowledge resources) untuk mobilisasi pengetahuan;
  2. Produksi pengetahuan untuk inovasi yang disruptif;
  3. Peran perpustakaan digital dalam mobilisasi pengetahuan;
  4. Literasi digital dalam melawan konten negatif;
  5. Akses terbuka repositori (repository open access) kekayaan intelektual Indonesia;
  6. Blended librarian sebagai knowledge maker dalam era disrupsi digital.
Tujuan

KPDI 11 diharapkan akan menjadi sarana berbagi pengalaman, pengetahuan, saran dan rumusan mengenai manifestasi perpustakaan digital dalam moblisasi pengetahuan di era disruptif digital.

Waktu Penyelenggaraan

6 – 9 November 2018

Tempat Penyelenggaraan

Hotel Four Points by Sheraton
Jalan Jenderal Gatot Subroto No.395 Medan, Sumatera Utara
Kode Pos : 20119
Telepon : (061) 8050 1111
Fax : (061) 8050 1010
Email : reservations.medan@fourpoints.com
Website : https://four-points.marriott.com/

Wes ora suwe-suwee.... Simak niihh di brosur di bawah ini... Monggo... ^_^



Naaaah ayok segera persiapkan dirimu gaesss...!!!! ^_^

Untuk lebih lengkapnya, buka saja official web KPDI Ke-11 tahun 2018 ini di : http://kpdi11.perpusnas.go.id/

Post a Comment

0 Comments