Thursday, 22 March 2018

ATPUSI DIY Sowan Ke Wakil Gubernur DIY - KGPAA Paku Alam X. Hasilnya?? Simak niiiih gaeeeesss.... ^_^


Halooo haloooo sugeng enjang selamat pagiiii..... Naaaaah kemarin ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) DIY melakukan audiensi dengan Bapak Wakil Gubernur DIY - KGPAA Paku Alam X. Hasilnya piye?? Naaaaaah simak nih... Langsung saya kopas dari web Pemprov DIY yaaaaaaaaa... (Biar cepet, soale ini lagi banyak gawean. Hihihihihihi...) Cekidoootttt.....

***

Yogyakarta (21/02/2018) jogjaprov.go.id
– Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) DIY harus lebih kreatif menjembatani pustakawan dalam menumbuhkembangkan minat baca pelajar. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X saat menerima kunjungan ATPUSI DIY di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (21/03) siang.

“Bagaimana kreatifitas bisa menjembatani pustakawan sebagai solusi meningkatkan minat baca pelajar saat ini. Kalau saya lihat, perpustakaan saat ini cenderung singup, letaknya yang jauh dari keberadaan sekolah, dan berdebu. Maka itu perlu kreatifitas dalam menyikapi kondisi ini, tidak harus mewah yang terpenting tertib dan rapi,” ucap Wakil Gubernur DIY.

Wagub DIY menambahkan, kreatifitas dari setiap pustakawan diperlukan, dikarenakan zaman yang sudah berubah. “Kreatifitas itu dibutuhkan sebagai solusi untuk menumbuhkembangkan minat baca yang rendah. Memang itu tidak mudah, karena zamannya sudah berbeda,” jelas Wagub.

Mengenai solusi tersebut, Wagub menindaklanjuti, bahwa dalam merealisasikan kreatifitas tersebut tidak bisa hanya mengandalkan anggaran dari dinas atau pemerintah. “Mengenai kreatifitas apapun medianya, itu tidak bisa hanya mengandalkan anggaran dari pemerintah, coba untuk memperluas komunikasi dengan alumni maupun mencari program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu fungsi perpustakaan agar lebih menarik minat pelajar,” jelas Paku Alam X.

Selain itu, Wakil Gubernur DIY menyampaikan, salah satu cara upaya menarik minat baca pelajar adalah dengan menyediakan buku atau bacaan yang menjadi kegemaran pelajar. “Jadi, menerapkan anak untuk gemar membaca itu tidak serta merta dari buku yang bahasannya berat, bisa dimulai untuk membaca buku sesuai hobinya, misal suka menjahit, bacalah topik bacaan yang sesuai. Luangkan waktu untuk membaca minimal 30 menit dalam sehari,” ajak Wagub diujung pertemuan.

Sementara itu, Ketua ATPUSI DIY Agus Subagyo, S.Ipus menjelaskan, kunjungan kali ini bermaksud untuk meminta arahan Wakil Gubernur DIY dalam penyelenggaraan ‘Seminar Nasional: Gerakan Literasi Sekolah Menuju Generasi Emas bagi Pustakawan Masa Kini’ yang akan dilangsungkan 18 April 2018. “Acara ini sebagai solusi untuk sekolah dan pustakawan sekolah di seluruh Indonesia  yang bisa diimplementasikan di sekolahnya,” ucap Agus Subagyo, S.Ipus.

Ketua ATPUSI DIY menambahkan, nantinya, acara ‘Seminar Nasional: Gerakan Literasi Sekolah Menuju Generasi Emas bagi Pustakawan Masa Kini’ tidak hanya untuk pustakawan saja, namun juga diperuntukkan bagi akademisi, guru, mahasiswa, aktivis, elemen masyarakat yang peduli dengan perpustakaan, dan para pekerja. (rk)

Sumber : Web Pemprov DIY

***
Naaaaah... keren to??? Ini juga menjawab beberapa bocoran informasi yang sempat Pustakawan Jogja unggah beberapa waktu yang lalu mengenai akan diadakannya seminar nasional oleh ATPUSI DIY. ^_^

Oke oke... Harapan kita semua, semoga dengan adanya dukungan dari Ngarso Dalem Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X yang juga Wakil Gubernur DIY ini, ATPUSI DIY dan seluruh pustakawan dan tenaga perpustakaan sekolah di DIY semakin maju, profesional dan sejahtera. Aamiin.. aamiin... aamiin....

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment