MAN 2 Wates Kulon Progo (MANDAKU) Punya Perpustakaan Kejujuran. Seperti Apa Ya....??


Mantab surantaaaab Mbak Yu.... Keren pokoke. Perpustakaan MAN 2 Wates Kulon Progo tiada henti berinovasi dan kembali menebar inspirasi. Bagaimana tidak, setelah melakukan revolusi / perombakan besar-besaran pada perpustakaannya (Baca DI SINI artikelnya) hingga kemudian berhasil menjuarai gelaran lomba perpustakaan sekolah SMA/MA/SMK tingkat DIY (Juara 2) tahun 2015 yang lalu. Dan tahun ini, kembali Perpustakaan MAN 2 Wates Kulon Progo ini berinovasi terhadap layanannya. Apa itu??

Yak betul. Perpustakaan Kejujuran. Weh... Opo kuwi???

Jumat (9 Februari 2018) kemarin, Wakil Bupati Kulon Progo, Bapak Drs. H. Sutedjobersama Kepala Kantor Kemenag Kab Kulon Progo, Bapak H. Nuruddin, SH., MA. secara langsung meresmikan Perpustakaan Kejujuran ini di MAN 2 Wates Kulon Progo. Perpustakaan "Kejujuran" Kedai Ilmu ini, selain melayani siswa dan seluruh warga sekolah, juga membuka layanan untuk masyarakat umum. Bahkan dalam sambutannya, Bapak Wakil Bupati Kulon Progo ini mengatakan betapa pentingnya perpustakaan dalam suatu sekolah. Perpustakaan merupakan bagian yang tak terlepaskan dari suksesnya tujuan pendidikan di sekolah tersebut.

"Kita dapat membaca dan menggali berbagai ilmu melalui perpustakaan." demikian kata beliau.

 Njuk seperti apa Perpustakaan Kejujuran Kedai Ilmu MAN2 Wates Kulon Progo ini??? Perpustakaan kejujuran ini, memiliki tujuan utama untuk meningkatkan minat baca bagi siswa, warga sekolah serta masyarakat pada umumnya. Hanya itu saja??? Tidak gaeesssss... Seperti namanya, Perpustakaan Kejujuran Kedai Ilmu ini memiliki konsep pendidikan karakter di dalamnya. Yaitu karakter kejujuran, kemandirian, disiplin, dan tanggung jawab. Hal ini bisa dilihat dari jumlah buku yang dipinjam dan dibaca, juga dari hasil rekap data (sirkulasi buku) yang dilakukan setiap pekan. Jika tidak ada buku yang hilang, bisa diartikan siswa dan pemustaka di Perpustakaan Kejujuran Kedai Ilmu ini telah terbangun karakter jujur, mandiri, disiplin dan tanggung jawabnya.

Njuk bagaimana sistem layanan Perpustakaan Kejujuran Kedai Ilmu ini??

Naaah ini yang bisa kita ATM, Amati, Tiru, dan Modifikasi untuk perpustakaan yang kita kelola gaessss... ^_^ Hehheehee.... Begini sistemnya... Pemustaka bisa memilih sendiri buku yang diinginkannya. Kemudian jika ingin meminjam buku stersebut, pemustaka menuliskan sendiri di buku peminjaman yang telah disediakan oleh Pustakawan. Penulisan buku yang dipinjam di buku peminjaman ini, disertai dengan penulisan komitmen tanggal pengembalian buku oleh pemustaka tersebut. Jadi, pengembalian buku ini ditentukan sendiri oleh (komitmen) pemustaka. Wahhh,,,, Keren tenan...!!!! (eh... kira-kira, pinjam selama 5 tahun bisa gak ya? Hahahahaa... *bercanda... ^_^ )

Setelah selesai masa pinjam sesuai komitmen yang pemustaka tuliskan, buku dikembalikan dan di tata di rak semula, sesuai dengan komitmen siswa tersebut. Tidak ada sanksi, tidak ada hukuman gaesss,,,,!!! Benar-benar berdasarkan kepercayaan, tanggungjawab, komitmen, dan kejujuran itu tadi.... Jozzzz...!!!

Untuk saat ini, layanan "kejujuran" di Perpustakaan Kedai Ilmu MAN 2 Wates Kulon Progo ini menyediakan sekitar 50 buku di tiap-tiap rak, lengkap dengan data inventarisnya. Monitoring dan evaluasi terhadap layanan ini, akan dilakukan setiap pekan oleh guru dan Duta Literasi Sekolah di MANDAKU ini. Salut..!!

Post a Comment

0 Comments