Friday, 23 February 2018

Canangkan Grobogan Kabupaten Literasi, Pemkab Langsung Datangkan Satgas GLS Kemendikbud RI. Gerakan Literasi di Grobogan Mulai Menggeliat Caaaaah..!!


Wessss... mantab lurrrrr...! Jozzzz...! Grobogan hari ini (sampai dengan 3 hari ke depan sampai hari Ahad) melaksanakan event besar bagi kemajuan literasi di sana. Apa itu??

Yak betul. Pemerintah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (dengan bersama dengan beberapa pihak) melaksanakan acara besar, yaitu : Workshop Gerakan Literasi Sekolah 2018. Bertempat di Kyrad Hotel Grand Master Purwodadi Grobogan, workshop yang mengusung tema besar "Implementasi Gerakan Literasi Sekolah untuk Mewujudkan Grobogan sebagai Kabupaten Literasi" ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut. Mulai dari hari ini Jumat s/d Ahad, 23 - 25 Februari 2018.

Mengundang sebanyak kurang lebih 400 peserta dari berbagai elemen masyarakat penggerak literasi di Kabupaten Grobogan. Mulai dari dari guru, pustakawan SD, SMP, SMA, pengelola TBM, hingga masyarakat umum yang peduli pada gerakan literasi. Selain itu, sebagai wujud keseriusan gerakan ini, panitia Workshhop ini langsung mendatangkan Satgas GLS Kemendikbud RI sebagai pembicara dalam rowkshop ini. Luar biasa..! Jozzzzz tenan.

Adapun para narasumber dalam workshop ini adalah : Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni, SH., MM., Dr. Dewi Utama Faizah, S.Pd., M.Si. (Satgas GLS Kemendikbud RI), Ameliasari T. Kesuma, M.Pd. (Guru Berprestasi Nasional), Amin Hidayat, S.Pd., MM. (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan), Dharmawati, S.Pd., M.Pd. (Kepala SDN 037 Tarakan Kalimantan Utara), Handoko Widagdo (Direktur Program Inovasi Pendidikan Indonesia-Australia), Dr. Satria Dharma (Penggagas Gerakan Literasi Sekolah), Badiatul M. Asti (Penulis Buku), dan Erwin Ns Pambudi (Pendongeng). Wessssss... ora main-main tenan nek ngene iki.


Dan jika kita melihat dari jadwal kegiatan... benar-benar luar biasa gaessss... lengkap kegiatannya. Mulai dari pembukaan (hahahahaahaa... kalau ini mah jelassss.. ^_^ ), sesi workshop diisi dengan beragam pembahasan topik seperti Pentingnya GLS bagi Peradaban Suatu Bangsa, Desain Induk GLS, Implementasi GLS di Sekolah, Ragam Praktik Literasi di Ruang Kelas, Program Inovasi Pendidikan, dll (selengkapnya lihat di gambar jadwal di bawah ini).



 


Dari gerakan ini, goal besarnya adalah untuk mewujudkan Grobogan sebagai Kabupaten Literasi. Dan dengar-dengar... Pustakawan Jogja dapat bocoran bahwa sebagai salah satu langkah awal, akan diwujudkan sebuah Taman Baca Masyarakat (TBM) di Dusun Ubalan, Kec. Karangrayung, Grobogan sebagai pilot project . Di sana TBM akan "dikombinasikan" dengan WAU (Wisata Alam Ubalan) Keren. Waaaaah menarik ini caaaah... Mensinergikan taman baca dengan objek wisata, yang tentu saja ini menjadi suatu hal yang menarik untuk kita simak perkembangannya.

Last.. Workshop yang masih berlangsung hingga hari Ahad nanti ini terselenggara atas kerjasama antara Pemkab Grobogan, Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan, FPM (Forum Persaudaraan Muslim) Grobogan, Yayasan Jamil (Jaringan Amanah Illahi) Karangrayung, Penerbit Tiga Serangkai, dan beberapa pihak pendukung lainnya.

Selamat..!
Salam Literasi...!

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment