Tuesday, 28 November 2017

Workshop Teknologi Informasi Perpustakaan ATPUSI Tegal Sukses Beraaaaat..!!! Peserta Membludaaag..!


Joz tenan pak deeee... Workshop yang diadakan oleh ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) Kabupaten Tegal berlangsung dengan sangat sukses! Peserta hadir semua, ada sekitar 50an peserta yang datang. Lho kok cuma 50 peserta??

Iya kang mas dan mbak yu sekalian. Ternyata memang panitia workshop membatasi jumlah peserta. Dibatasi 40 orang saja, dan eh... jebulane malah isih lebih 50 orang. Geleng-geleng kepala pokoke. ^_^

Workshop Teknologi Informasi Perpustakaan yang mengusung tema : "Peran Pustakawan dalam Aplikasi Otomasi Sebagai Sarana Peningkatan Mutu Layanan Perpustakaan Sekolah" ini dilaksanakan di aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Bapak Arsidi, MIP (Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Pengurus PP ATPUSI) dan Bapak Teguh Prasetyo Utomo. A.Md. (Pegiat SLiMS Jogja, Sekretaris ATPUSI DIY, Pustakawan SMAIT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo DIY, Admin Blog Pustakawan Jogja. hehehehehe... ).

Bapak Arsidi sendiri menyampaikan pemaparan mengenai pentingnya otomasi perpustakaan dalam peningkatan mutu layanan dan manajemen perpustakaan sekolah. Sedangkan Bapak Teguh sendiri menyampaikan teknik pengaplikasian sistem otomasi perpustakaan untuk perpustakaan sekolah. Jika pada pemaparan Bapak Arsidi menggunakan pendekatan penjelasan teoritis, pada sesi bapak Teguh ini menggunakan pendekatan praktis-aplikatif di mana peserta workshop langsung diajak bersama-sama melakukan praktek installasi SLiMS terbaru, yaitu SLiMS v 8.3.1 sekaligus juga melakukan penanganan terhadap masalah-masalah (kasus) yang terjadi pada proses installasi SLiMS tsb.

Selain itu, dijelaskan pula tentang penggunaan menu-menu yang ada di dalam sistemo otomasi SLiMS ini, mulai dari pengaturan dasar, menu bibliografi, menu  keanggotaan, dsb. Sehingga selepas acara workshop, peserta berhasil melakukan installasi SLiMS di leptop yang sudah dibawa masing-masing peserta.

O iya, selain tentang dua narasumber tadi, workshop ini juga dihadiri langsung kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tegal. Beliau memberikan sambutan dan dukungan kepada ATPUSI Kab. Tegal yang telah mengadakan kegiatan workshop ini. Selain itu datang juga wakil dari Dinas Pendidikan Kab Tegal, yang juga dalam sambutannya sangat sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh ATPUSI Kab. Tegal, yang mana seharusnya kegiatan workshop ini masuk dalam kegiatan peningkatan kompetensi tendik, yang seharusnya menjadi domain dinas pendidikan. Maka dari itu, Dinas Pendidikan Kab. Tegal sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada ATPUSI Kab. Tegal yang telah menyelenggarakan kegiatan workshop untuk meningkatkan kompetensi pustakawan sekolah di Kabupaten Tegal.

Suasana Pendaftaran ^_^ Rameeee....







Sambutan Ketua Panitia, disaksikan narasumber, kepala Dinas Arpusda Kab. Tegal dan perwakilan Dinas Pendidikan Kab. Tegal.


Pemaparan Materi oleh Bapak Arsidi MIP.



Pemaparan Materi oleh Bapak Teguh Prasetyo Utomo, A.Md.







Narasumber bersama Panitia yang kece badaaaaaiiii....



Narasumber bersama peserta workshop... Heppi ending...!

Semangat selalu untuk ATPUSI Kab. Tegal..!

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment