Jozzzzz Tenan..!! Kalbar Bentuk Relawan Cinta Perpustakaan. Daerah Lain Kapan Nih..???


Wesssss keren ini kang mas dan mbak yu sekalian... Pagi ini seperti biasanya, sebelum kami melakukan aktifitas kerja di Perpustakaan Daarul Ilmi yang kami kelola, kami biasakan terlebih dahulu untuk membaca berita-berita yang ada di surat kabar yang kami langgan setiap harinya. Dan pagi ini, saya membaca harian nasional Republika. Dan tiba-tiba mata saya tertuju pada sebuah kolom yang cukup besar di halaman 5 (Didaktika). Di sana terpampang sebuah judul yang cukup besar "Kalbar Bentuk Relawan Cinta Perpustakaan".

Waaaah ini... Keren sekali...! Poool kerennya dah. Terdorong rasa tertarik dan penasaran yang besar, saya baca dan cermati berita tersebut. Dan ahirnya, ini penting untuk saya share juga ke teman-teman sekalian.

Ternyata, geliat semangat untuk memajukan perpustakaan yang selama ini hampir-hampir hanya terasa geliatnya di pulau Jawa semata, ternyata sudah pula merambah ke luar pulau Jawa. Buktinya, dalam hal ini, bahkan bisa saya katakan, Pontianak melakukan sebuah lompatan yang luar biasa untuk memajukan perpustakaan di sana dengan membentuk apa yang mereka namakan Relawan Cinta Perpustakaan. Pembentukan Relawan Cinta Perpustakaan ini sendiri didorong oleh komitmen yang besar dari berbagai pihak di Kalimantan Barat untuk memajukan dunia kepustakaan dan tradisi membaca di Kalimantan Barat ini.

Pembentukan Relawan Cinta Perpustakaan yang berjumlah 50 orang ini bertujuan pula untuk memperkuat SDM yang ada di perpustakaan Kalimantan Barat. Karena memang pengelolaan perpustakaan yang begitu kompleks dan menuntut pengelolaan yang profesional, sedangkan jumlah petugas perpustakan yang masih belum memadai. Para relawan inilah yang nantinya membantu untuk mengelola perpustakaan secara profesional. Dan hebatnya lagi... TANPA IMBALAN APAPUN...!!! Jozzzzz gandhooooooosssss tenan Pak Deeeee!!!! Keren ini....!

Tentu saja kehadiran para Relawan Cinta Perpustakaan ini akan sangat membantu dalam memajukan perpustakaan di Kalimantan Barat. Mengingat ada sejumlah 6.674 unit perpustakaan yang tersebar di seluruh wilayah provinsi Kalimantan Barat ini. Sedangkan jumlah pengelola perpustakaan yang resmi tercatat di perpustakaan Kalimantan Barat sejumlah 1.355 orang. Naaaaahh.... Lak njomplang to?? Inilah mengapa kehadiran para Relawan Cinta Perpustakaan ini akan sangat membantu.

Relawan Cinta Perpustakaan ini sendiri hadir dari berbagai unsur masyarakat yang peduli pada dunia perpustakaan dan informasi, mulai dari masyarakat umum hingga mahasiswa. Mereka telah diberikan pelatihan secara kusus selama 2 hari terkait pengelolaan perpustakaan ini. Selain itu, para Relawan Cinta Perpustakaan ini juga telah disiapkan untuk menjadi pengelola portal basis data (database) perpustakaan di Kalimantan Barat, perpustakaankita.com yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. Mereka juga akan melakukan kampanye cinta perpustakaan ke sejumlah sekolah di Kota Pontianak, Kab. Kubu Raya, hingga ke Kab. Landak. Juga akan mereka optimalkan kampanye cinta perpustakaan melalui sosial media. Waaah waaaaah... Mantabbbbb ini...!!!

Last... Ini merupakan salah satu gerakan dan gabrakan yang patut kita tiru dan kita ikuti. Harapannya, setelah Kalimantan Barat ini, daerah-daerah lain di Nusantara ini pun melakukan gerakan dan gebrakan yang serupa, demi kemajuan bangsa dan negara ini melalui ilmu pengetahuan dan informasi yang ada di perpustakaan kita tercinta. Semoga.

**Selengkapnya silahkan baca Harian Republika edisi Selasa, 18 Oktober 2016 hlm. 5 (Didaktika)

Post a Comment

0 Comments