Hasil Penilaian Perpustakaan SMP/MTs Negeri/Swasta se-Kota Yogyakarta Tahun 2016. Bagaimana Kondisi Perpustakaan SMP/MTs di Jogja?? Niiiihhh...


Halooo gaesss.. sugeng ndalu kangmas dan mbak yu sekalian... Wah malam ini kok rasane suntuk yaa.... mau sinau kok wegah banget rasane. Dari tadi Cuma glundang-glundung di kamar sendirian sambil denger lagu yang bikin tambah baper, Tum Hi Ho.. Padahal besok itu saya UAS. Duh.... Piye jal??

Wes lah dari pada nglangut dan glundang-glundung gak jelas, mending nge-blog aja kan lebih oh yes... Betul?? Hehheehehee.. ^_^ Oke lah.. kali ini Pustakawan Jogja akan share info tentang kondisi perpustakaan yang ada di Kota Yogyakarta tahun 2016 ini, yang dalam hal ini adalah perpustakaan sekolah tingkat SMP/MTs baik negeri maupun swasta.

Oke kita mulai yaaaa gaess... data ini Pustakawan Jogja peroleh beberapa waktu yang lalu dari Bapak Triyanta, S.Pd., MIP. (Pustakawan Arpusda Kota Yogyakarta), yang mana data ini merupakan hasil dari penilaian perpustakaan sekolah tingkat SMP/MTs baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Yogyakarta tahun 2016 ini. Penilaian dilakukan pada sejumlah 65 perpustakaan sekolah tingkat SMP/MTs baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Yogyakarta. Penilaian ini meliputi 9 komponen yang dijabarkan dari SNP (Standar Nasional Perpustakaan) nomor 008 tahun 2011 tentan Perpustakaan SMP/MTs. Apa saja 9 komponen penilaian itu?? Sabar, nanti akan Pustakawan Jogja buat artikel tersendiri... Oke..?

Njuk piye hasil dari penilaian itu?? Naaaah ini kang mas dan mbak yu sekalian.... Dari 65 Perpustakaan Sekolalah SMP/MTs baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Yogyakarta yang dinilai tersebut, ada sejumlah 18 sekolah yang mendapatkan kategori A atau sekira 27,96%. Kemudian untuk perpustakaan sekolah SMP/MTs yang mendapatkan kategori B ada sejumlah 32 sekolah atau sejumlah 49,23%. Terahir, perpustakaan sekolah SMP/MTs di Kota Yogyakarta yang masuk kategori C ada sejumlah 15 sekolah atau sebesar 23,08%. Jadi secara umum, kondisi perpustakaan sekolah tingkat SMP/MTs baik negeri mapun swasta yang ada di Kota Yogyakarta tahun 2016 ini sudah cukup baik. terbukti yang mendapatkan kategori C hanya 23,08% atau sebesar 15 sekolah saja. Sedangkan sisanya yang 50 sekolah atau sebesar 76,92% masuk kategori A dan B.

Mana saja sekolah yang mendapat kategori tersebut?? Nah sayangnya data yang Pustakawan Jogja peroleh kurang lengkap. Di sana hanya ada sekolah-sekolah yang perpustakaannya mendapat kategori A saja. Yang kategori B dan C tidak disertakan. Tapi tidak apa-apa deh... dari pada tidak sama sekali, iya kan? Hehehehe....

Naaaah berikut ini sekolah-sekolah yang perpustakaannya masuk ke dalam kategori A. Ini diurutkan berdasarkan perolehan nilai tertinggi hingga yang terendah (dalam kategori A ini). Cekdooooottt...

  1. SMP Muhammadiyahammadiyah 2 Yogyakarta
  2. MTs Negeri 2 Yogyakarta
  3. MTs Mualimin Muhammadiyahammadiyah Yogyakarta
  4. SMP Negeri 5 Yogyakarta
  5. SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta
  6. SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta
  7. SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta
  8. MTs Mualimat Muhammadiyah
  9. SMP Stella Duce 2 Yogyakarta
  10. SMP Negeri 6 Yogyakarta
  11. SMP Negeri 1 Yogyakarta
  12. SMP Tumbuh Yogyakarta
  13. SMP Negeri 11 Yogyakarta
  14. SMP Muhammadiyah 9  Yogyakarta
  15. SMP Negeri 8 Yogyakarta
  16. SMP Negeri 16 Yogyakarta
  17. SMP Negeri 7 Yogyakarta
  18. SMP Stella Duce 1 Yogyakarta

Menurut pihak Arpusda Kota Jogja, kedelapan belas perpustakaan yang mendapatkan kategori A tersebut akan direkomendasikan untuk ikut sertifikasi perpustakaan dari Perpustakaan Nasional RI. Naaaaah gimana kang mas dan mbak yu sekalian? Sampun jelas kan??? Semoga bermanfaat.. Dan selamat untuk sekolah-sekolah yang perpustakaannya mendapatkan kategori A.

O iya, ini gaessss.. Pustakawan Jogja berikan gambar grafis lengkapnyaaa.. Monggo pun simak... ^_^


Selamat!!! ^_^

Post a Comment

0 Comments