Perpus Kota Jogja Adakan Pelatihan Pengelola Perpus Sekolah. Ayok Segera Daftar....!!!!


Yap! Beberapa hari yang lalu, melalui akun instagram saya sempat mengunggah sebuah foto undangan dari Kantor Arpusda (Arsip dan Perpustakaan Daerah) Kota Yogyakarta. Dalam undangan itu, saya diminta untuk jadi (salah satu) pembicara dalam kegiatan yang akan diadakan oleh Perpus Kota Jogja ini awal bulan depan.

Penasaran kegiatan apa itu? Naaaah... simak nih kang mas dan mbak yu sekalian.... Awal bulan depan, tepatnya tanggal 6-9 September 2016 ini, Arpusda Kota Jogja akan mengadakan Pelatihan Pengelola Perpustakaan Sekolah tingkat SMP/Mts se-Kota Yogyakarta, ingat nggeh... se-Kota Jogja saja. ^_^ jadi teman-teman yang ada di luar kota Jogja, maaf maaf nih yeeee... kagak bisa ikutan. ^_^ Heheheeee....

Kegiatan yang bertema "Peningkatan Kompetensi Pengelola Perpustakaan SMP/MTs Berbasis Teknologi Informasi" ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan sekolah yang ada di Kota Yogyakarta ini, khususnya perpustakaan sekolah tingkat SMP/MTs. Selain itu, dari pelatihan ini nanti diharapkan para pengelola perpustakaan mengetahui standar pengelolaan perpustakaan sekolah SMP/Mts, juga mampu untuk menerapkan teknologi informasi di perpustakaan beserta gerakan literasi informasinya.

Dengan target sebanyak 60 peserta, pelatihan ini akan dibagi ke dalam 2 angkatan. Yang masing-masing angkatan akan diikuti 30 orang pustakawan sekolah SMP/MTs yang ada di Kota Jogja ini. Sedikit bocoran nih gaesssss..... Materi yang akan diberikan di sana nanti meliputi materi umum dan materi kusus. ^_^

Apa saja itu? Naaaah materi umumnya meliputi : Kebijakan Pemerintah tentang Perpustakaan Sekolah, Manajemen Perpustakaan Sekolah, Pengolahan Bahan Pustaka, Variasi Layananan, Promosi Perpustakaan, dan FGD (Forum Group Discusion) Pengembangan Perpustakaan. Adapun materi khususnya adalah : Literasi Informasi dan Pembuatan Blog.

Gimana, menarik bukan?? Dan bukan hanya itu gaessss... Sedikit mengintip siapa saja yang akan menjadi pemateri/pengajarnya.... tak kalah menariknya lhooo... ^_^ Pengajarnya berasal dari Pejabat Struktural Arpusda Kota Yogyakarta, Pustakawan Arpusda Kota Yogyakarta, Pustakawan SD Muhammadiyah Sapen, dan tentu saja Pustakawan SMPIT Abu Bakar Yogyakarta... Hehehehee....

Lalu kapan ini dilaksanakan? Sabar mbak yu.... Gelombang pertama akan dilaksanakan pada hari Selasa - Rabu, 06 - 07 September 2016. Gelombang kedua akan dilaksanakan hari Kamis - Jumat, 08 - 09 September 2016. Masing-masing dilaksanakan mulai dari pukul 08.00-14.00 WIB. Tempatnya di Ruang Pelatihan LPSE Kota Yogyakarta, Komplek Balai Kota Yogyakarta, Tomoho.

Syarat untuk mengikuti kegiatan ini apa saja ya?

Syaratnya... Setiap sekolah mengirimkan 1 orang personil, ada surat tugas dari kepala sekolah, berasal dari tenaga perpustakaan sekolah/guru yang diserahi tugas perpustakaan, dapat mengoperasikan komputer, mengisi dan mengumpulkan formulir pendaftaran, diutamakan yang belum pernah mengikuti diklat pengelola perpustakaan sekolah yang diselenggarakan Arpusda Kota Jogja sejak 2010 sd sekarang.

Pendaftarannya pripun Kang?

Nah.. pendaftaran sampai dengan tanggal 2 September 2016 di Bagian Informasi Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta. Jl. Suroto No. 9 Kotabaru Yogyakarta. Telp : 0274-511314.

Atau bisa juga lewat Ibu Anik di nomor : 085642975630


Naaaaah mpun jelas kan? Ayok segera daftar....


Post a Comment

2 Comments