Perayaan HUT ATPUSI Ke-7. Dari Seminar, Potong Tumpeng, Hingga Ketemu Pocong...! Gayeng Tenan..!!!


Satu kata, "Gayeng". Itulah yang baranagkali bisa menggambarkan bagaimana suasana peringatan HUT ATPUSI yang ke-7 tahun ini. Ya, pada tanggal 1 Juni 2016 kemaren, ATPUSI DIY beserta seluruh pengurus ATPUSI Kab/Kota se-DIY, mulai dari ATPUSI Kota Jogja, ATPUSI Kab. Bantul, ATPUSI Kab. Gunungkidul, ATPUSI Kab. Sleman, hingga ATPUSI Kab. Kulon Progo melakukan peringatan hari lahir ATPUSI yang ke-7.

Hari lahir ATPUSI yang jatuh pada 28 Mei ini diperingati oleh ATPUSI DIY pada tanggal 1 Juni 2016. Momentum ini bertepatan dengan peringatan hari lahir Pnacasila. Yang tentu saja ini semakin menambah keistimewaan peringatah ATPUSI ini. Dan apa yang dilakukan ATPUSI DIY ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Ya, hanya ATPUSI DIY yang melakukan peringatan sekaligus refleksi 7 tahun kiprah ATPUSI di Indonesia.

Acara peringatan HUT ATPUSI yang ke-7 oleh ATPUSI DIY ini dimulai dengan serangkaian acara, yaitu pada pagi harinya diadakan pelatihan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) sekaligus penguatan keorganisasian bagi pengurus ATPUSI se-DIY. Kegiatan ini bekerja sama dengan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Bertampat di ruang mini theater SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, kegiatan ini menghadirkan 3 orang pembicara, yaitu Bapak Arsidi Ahmad, MIP (PP ATPUSI - Menyampaiakan materi tentang motovasi ke-ATPUSI-an), Bapak Nur Halim Sumirat, S.Pd.I (PP ATPUSI - Menyampaikan materi tentang wawasan keorganisasian ATPUSI), dan Bapak Dr. Muhsin Kalida (Fuonder TBM Cakruk Pintar Yogyakarta - Menyampaikan materi Strategi Fundrising Organisasi ATPUSI). Kegiatan ini dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore.

Selepas itu, seluruh peserta yang terdiri dari pengurus ATPUSI se-DIY bersama-sama bergerak ke Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sekitar jam setengah 4 sore (selepas Ashar) sampai TBY hampir jam 5. Lhooo.. kok iso? 1,5 jam? Ho'oh... Padahal jarake cuma sekitar 5 kiloan... Tapi ya kuwi Kang.... Muacuuueeeeettttt puooolllll........ Mulai dari jalan Mangkubumi (selatan Tugu Jogja, sampai Jembatan Kleringan, kemudian lanjut ke Jalan Mataram.... Wessss.... rasane koyo-koyo nok Ibu Kota Negara kae... Macet cet cet cet...

Lho kok iso macet? Iya, soalnya hari itu bertepaan dengan adanya karnaval hari lahirnya Pancasila di Jalan Malioboro. Praktis diadakan penutupan di beberapa ruans jalan dan pengalihan arus lalu lintas. Makane numpuk-numpuk.. Hmmmm tapi itu semua tidak mengurangi semangat para pengurus ATPUSI DIY.

Sesampainya di TBY, langsung saja gelar lapak bro... Lesehan. Pengurus duduk melingkar, di tengah-tengahnya beragam "sesajen" sudah siap. Dan uniknya, sesajen ini adalah hasil kontribusi dari tiap-tiap pengurus ATPUSI. Mulai dari nasi tumpeng oleh Pengurus ATPUSI DIY, Ingkung Ayam oleh ATPUSI Bantul, Salak oleh ATPUSI Slema, Nasi Kucing dan Gorengan oleh ATPUSI Kota Yogyakarta, Nasi Gurih dan Minuma (Air mineral dan teh manis) oleh ATPUSI Gunungkidul, serta Geblek dan Tempe Benguk (keduangan makanan khas Kab. Kulon Progo) oleh Pengurus ATPUSI Kulon Progo.

Gayeeeeng... Guyup... Rukun.... Keren.... Acara dipandu oleh Sekretaris ATPUSI DIY, Teguh Prasetyo Utomo (saya sendiri maksudnya... Hahahaaa...). Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari masing-masing Ketua ATPUSI Se-DIY, mulai dari sambutan Ketua ATPUSI DIY Bapak Agus Subagyo, Ketua ATPUSI Bantul Ibu Anita Heni Kristanti, Ketua ATPUSI Sleman Ibu Anjar Hastuti Sudrajat, Ketua ATPUSI Kota Yogyakarta Bapak Sarjoko, Ketua ATPUSI Kulon Progo Bapak Waryanto, serta Ketua ATPUSI Gunungkidul yang saya wakili, karena beliaunya ijin untuk mendahului pulang karena ada suatu kepentingan. Kemudian ada juga sambutan dari PP ATPUSI yang dibawakan oleh Bapak Nur Halim Sumirat, S.Pd.I. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan dan doa dari Bapak Arsidi Ahmad, MIP.

Setelah itu... ada juga prosesi potong tumpeng, dilanjutkan dengan ramah-tamah... alias makan-makan. Hehheheee.... Sudah selesai? Belummm.... Selepas sholat Maghrib kami melakukan longmarhc ke Titik Nol KM. Di sana kami membagi-bagikan bunga kepada para pengunjung dan wisatawan. Serta... foto-foto tentunya. Heehe....

Wes,,,, ini dia foto-foto kemerihan peringatan HUT ATPUSI yang Ke-7 itu. Cekidoooooooooooooooooottttt.....















































Seru kan gaeees??  Salam ATPUSI...!!! Jaya... Jaya... Jaya...!!!!

Post a Comment

0 Comments