Install SLiMS di Perpustakaan Desa Tirtoadi. Maju Ke 10 Besar Kabupaten Sleman Lhooooo....


Yuk.... sudah lama ini saya tidak cerita tentang jalan-jalan ke perpustakaan lain, padahal sering sekali saya jalan-jalan ke perpustakaan-perpustakaan lain. Hmmm ya wes lah... langsung saja, kali ini saya akan sedikit bercerita tentang jalan-jalan saya ke Perpustakaan Desa Tirtoadi. Oke? Langsung saja yaaaa... Cekidot...

Begini, ceritane kemarin hari Sabtu malam selepas seharian beredar dari satu sekolah ke sekolah lain yang endingnya saya memberikan pelatihan pembuatan blog bagi pustakawan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta (akan saya ceritakan nanti setelah ini pada artikel tersendiri ^_^ ) saya dapat BBM dari Ibu Anjar Hastuti, SIP yang merupakan pustakawan SMPN 1 Mlati Sleman yang juga beliau ini adalah calon ketua ATPUSI Kab. Sleman. Yang intinya beliau meminta saya untuk menginstallkan SLiMS (Senayan Library Management System) di Perpustakaan Desa Tirtoadi, desa dimana beliau tinggal, karena akan maju ke tingkat kabupaten.

Ahirnya, hari Ahad 17 April 2016 kemaren itu, saya ke sana, ke perpustakaan tersebut untuk menginstall SLiMS. Sedikit ulasan tentang perpustakaan ini, perpustakaan ini bertempat di komplek Balai Desa Tirtoadi, Jalan Cebongan, Desa Tirtoadi, Kec. Mlati, Sleman, DIY ini cukup bagus kondisinya. Hanya saja memang saat saya ke sana masih belum rapih karena sedang proses penataan. Menempati ruangan yang dulunya digunakan untuk PKBM (kelihatannya sekarang sudah tidak aktif, atau PKBM dipindah ke ruang lain, saya kurang tahu) nantinya perpustakaan ini akan diperluas hingga ke ruang sampingnya yang saat ini sebagai ruang PAUD (Pendidika Anak Usia Dini). Sedangkan ruang PAUD-nya sendiri nanti akan dipindah ke ruang lain.

Saat saya tanya-tanya kemaren kepada Ibu Anjar yang juga merangkap sebagai Kepala Perpustakaan Desa Tirtoadi ini mengungkapkan bahwa perpustakaan ini memiliki jam layanan setiap hari Senin sd Sabtu jam 09.00 sd jam 13.00 WIB untuk siang hari. Dan sore harinya buka lagi dari jam 15.00 sd 17.30 WIB. Jika hendak mendaftar sebagai anggota perpustakaan, silahkan langsung saja datang ke Perpustakaan Desa Tirtoadi. ^_^

Oke, itu sekilas tentang Perpustakaan Desa Tirtoadi. Sekarang tentang SLiMS (Senayan Library Management System) yang saya install di perpustakaan tersebut. Sudah tahu kan apa itu SLiMS? Naaaaah kalau belum tahu, silahkan baca dulu deh apa itu SLiMS di artikel ini (Silahkan Klik : APA ITU SLiMS?) Oke. Sudah yaaaa,,,,

Cerita saja deh... gak akan saya sampaikan langkah-langkah installasinya.. Kan sudah sering saya bahas tentang cara install SLiMS. Belum tahu juga? Yaelaaaaah.... -___- yaudeeeh... ini saya kasih salah satunya, tentang bagaimana cara install SLiMS itu (Silahkan Klik : Langkah Mudah Install SLiMS 7). Sudahkan?

Untuk yang di Perpustakaan Desa Tirtoadi, saya install SLiMS Versi 5 Meranti yang Full Costumize. Yup! Menu-menu dan fasilitas di SLiMS versi ini sudah sangat lengkap. Selain menu-menu standar bawaan SLiMS, ada banyak menu tambahan (costumize) yang sudah ter-include di dalamnya. Mulai dari kartu anggota yang kece badai, kartu bebas pustaka, kartu buku, template OPAC yang beragam, dll.

Last... Semoga saja dengan software SLiMS yang kece badai ini, Perpustakaan Desa Tirtoadi ini bisa juga kece badai, kaya gue ini. Heheheheee... Tanggal 22 April nanti, perpustakaan ini akan dinilai oleh tim penilai dari KPAD (Kantor Perpustaakan dan Arsip Daerah) Kab. Sleman. Yaaaaaah doakan semoga Perpustakaan Desa Tirtoadi ini mendapatkan hasil terbaik. Aamiin.... :-)

Ini dia foto-foto saya kemaren di Perpustakaan Desa Tirtoadi. Oke...? Cekibrooootttt.....

 





















O iya, satu maning.... Untuk perpustakaan ini sangat penting kiranya untuk dikasih kipas angin. Kemaren saat ke sana, kipas anginnya cuiliiiikk.... kuecuiiilll..... Tuh lihat saja ada di foto di atas. Ganti yang lebih gede dong Mbak Anjar.... Syukur-syukur diganti AC. Hehehehee....

Post a Comment

0 Comments