Berbagi Ilmu Tentang Blogging Dengan Pustakawan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Seru Juga Lhooo....


Yup! Hari Sabtu kemaren, sebenarnya saya libur dari kerja. Why? because my school is libur... Libur untuk kegiatan PSB (Penerimaan Siswa Baru). Hingga yang masuk ya yang terlibat dalam kepanitiaan PSB saja, sedangkan pegawai yang lain yang tidak masuk dalam kepanitiaan bisa libur. ^_^

Ahirnya kesempatan itu saya gunakan untuk jalan-jalan, untuk touring ke beberapa perpustakaan sekolah di Yogyakarta yang juga sekaligus koordinasi dengan pengurus ATPUSI DIY yang merupakan pustakawan di sekolah-sekolah yang saya datangi itu. Mulai dari yang pertama, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, di sana ada Bapak Agus Subagyo, S.I.Pust. yang juga ketua ATPUSI DIY. Kemudian dilanjutkan lagi ke SMKN 6 Yogyakarta, di sana ada Ibu Niken Budiarti, A.Md. yang juga salah satu pengurus ATPUSI DIY. Kemudian setelah itu ke SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang di sana ada Mas Abdul Wahid Aziz, A.Md. yang juga pengurus ATPUSI DIY. Di sekolah-sekolah itu saya melakukan koordinasi terkait program-program ATPUSI DIY.

Nahhh... selepas dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta itu, saya kembali ke SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, memberikan pelatihan pembuatan blog bagi pustakawan, guru dan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Selama sekitar 3 jam, mulai dari jam 2 sampai dengan jam lima. Pelatihan singkat itu kami lakukan. Saya memberikan materi bagaimana cara membuat blog mulai dari nol. Mulai dari pengenalan tentang blog, pembuatan akun google, pendaftaran di blogger, pengisian blog, hingga modifikasi ringan pada blog, seperti penggantian template, modifikasi menu, dsb.

Alhamdulillah.. di ahir pelatihan singkat ini, peserta sudah bisa membuat blog dengan cukup bagus. Walaupun belum sempurna karena memang harusnya tidak cukup sekali pelatihan untuk membuat blog dengan mahir dan bagus. Minimal harunya ada 3 kali pelatihan, tahap dasar, advance dan mahir. O iya, ini contoh blog hasil pelatihan kemarin.

  1. Blog Perpustakaan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta
  2. Blog Cerita Ibu Ita

Naaaah sebenarnya memang sangat mudah untuk membuat blog itu. Dulu saya sudah pernah menulis juga tentang pentingnya bagi seorang pustakawan untuk bisa membuat blog. Coba deh klik di sini jika belum sempat baca. Silahkan Klik : Nge-Blog Yuuuuukkkk....! : Pentingnya Blog Bagi Sebuah Perpustakaan


Naaaaah ayok siapa lagi yang mau belajar ngeblog??? 

Post a Comment

0 Comments