Error Connecting to Database Pada SLiMS? Begini Penjelasan dan Cara Mudah Mengatasinya.


 

Gambarnya kurang jelas ya? Pernah menemui hal yang demikian? Ya, jika terjadi hal seperti itu, yaitu pada saat kita akan mengaktifkan SLiMS malah muncul pemberitahuan berwarna merah "Error Connecting to Database. Please chek your configuration".  Maka tidak usah lantas panik. ^_^ Mudah kok solusinya, Insyaa Allah.

Begini penjelasan singkatnya, hal itu terjadi karena program SLiMS tidak bisa meng-akses databasenya. Perlu kita ketahui bahwa SLiMS ini dibangun atas 2 pilar utama, yaitu aplikasi SLiMS itu sendiri dan Database (Basis Data)nya. Pada Database inilah semua data dari sistem yang kita jalankan berada. Ketika kita hendak mengakses sistem, maka mau tak mau kita harus pula mengkases database walaupun tidak secara langsung. Maksudnya, dari perintah yang kita masukkan ke dalam sistem, sistem akan meneruskan perintah yang kita masukkan kepada database untuk kemudian database memproses jenis perintah yang kita masukkan. Setelah diketahui jenis perintah yang kita masukkan, database akan memproses data yang ada di dalam dirinya yang sesuai dengan yang diinginkan perintah yang kita masukkan tadi. Baru setelah ditemukan data yang sesuai, oleh database data tersebut akan dikeluarkan sebagai output (hasil) perintah yang kita masukkan. 

Misalnya ketika kita memasukkan username dan password untuk Login SLiMS, maka input perintah yang kita masukkan tadi oleh SLiMS akan diteruskan ke Database. Database akan memproses perintah tadi dan mencarikan data yang sesuai dengan yang perintah yang kita inputkan. Jika di dalam database terdapat data yang cocok dengan perintah yang kita masukkan, maka Database akan mengirimkan data tersebut ke sistem SLiMS yang ahirnya oleh sistem SLiMS dibaca sebagai konfirmasi untuk login (masuk) ke dalam sistem. Sistem akan terbuka, atau katakanlah kita akan berhasil login ketika perintah yang kita masukkan (berupa username dan password) dan data yang ada di dalam Databse sesuai. Proses aliran data dari kita (User) ke dalam Sistem kemudian diteruskan ke Database dan kembali lagi ke Sistem ini harus terkoneksi (terhubung) dengan baik. Ketika hubungan/koneksi itu terputus (bisa karena berbagai hal) maka akan terjadi hal yang seperti pada gambar tersebut.

Lantas bagaimana solusinya? Klik DI SINI.

Post a Comment

0 Comments