Cara Mudah Mengatasi Path Mysqldump Not Right Pada SLiMS Stable dan SLiMS Portable / Psenayan


Kali ini masih tentang otomasi perpustakaan. Dan beberapa waktu ini sering masuk ke saya pertanyaan-pertanyaan mengenai bagaimana cara installasi Senayan Library Management System (SLiMS), juga tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi teman-teman saat menginstall SLiMS. Salah satunya yang paling sering masuk adalah bagaimana cara menghilangkan tanda merah (Path Mysqldump Not Right) yang muncul pada tampilan Admin setelah proses installasi SLiMS berhasil dilakukan.

Sedikit saya jelaskan bahwa tanda merah itu merupakan peringatan bahwa (sekali lagi) letak Mysqldump.exe pada sistem SLiMS kita tidak tepat. Jika ini dibiarkan, selain mengganggu pemandangan, kita tidak akan bisa melakukan pencadangan (backup) data SLiMS kita. Maka harus kita betulkan letak path atau jejakannya. Lantas bagaimana caranya?

Di sini akan saya jelaskan secara detil danmudah dipahami insyaa Allah. Ada dua cara untuk dua jenis SLiMS, yang pada keduanya ada sedikit perbedaan walaupun pada dasarnya sama. Silahkan Klik Link berikut ini.

  1. Mengatasi Path Mysqldump Not Right (Tanda Merah Setelah Proses Installasi SLiMS Selesai) - Untuk SLiMS Stable
  2. Mengatasi Path Mysqldump Not Right (Tanda Merah Setelah Proses Installasi SLiMS Selesai) - Untuk SLiMS Portable / Psenayan

Demikian semoga bermanfaat. ^_^

Post a Comment

1 Comments

  1. Yth. Admin,

    Saya mau tanya bagaimana menghapus "Pattern" pada menu "Item(s) code batch generator" yang sudah terlanjur dibuat banyak. Mohon bantuaannya terima kasih.

    ReplyDelete