Friday, 22 January 2016

Yuk... Ikuti Klinik Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah Populer dari ATPUSI DIY


Halooooooooooooo sahabat-sahabat blog Pustakawan Jogja di manapun berada.. masih ingat dengan artikel Meeting dengan Pengurus IPI DIY. Hasilnya... Klinik Kepenulisan dan artikel Yuk... Ikutan KPSI (Konferensi Perpustakaan Sekolah Indonesia) 2016 di Jakarta yang saya posting beberapa saat yang lalu?

Lupa? Waaaaahhhh coba deh dibuka lagi artikel tersebut. Naaaah kalau sudah ingat, atau sudah membuka artikel tersebut... ini dia kelanjutannya. Yap! Dalam rangka menyambut KPSI (Konferensi Perpustakaan Sekolah Indonesia) 2016 di Jakarta, kami pengurus ATPUSI DIY melakukan kerja sama dengan pengurus IPI DIY mengadakan Klinik Kepenulisan Karya Tulis Ilmiah/Populer.

Kenapa Klinik Kepenulisan ini kami adakan? Alasannya adalah karena aktivitas pengembangan diri pustakawan/ staf perpustakaan/ kepala perpustakaan merupakan tanggungjawab bersama, baik individu, institusi tempat kerja , dan organisasi profesi. Pengembangan diri diperlukan bagi insan perpustakaan untuk mencapai kerja yang berkualitas dan tidak terjebak dalam rutinitas. Salah satu caranya dengan melakukan kegiatan menulis. Bahkan kita pasti juga pernah mendengar sebuah pepatah, "Jika engakau ingin abadi, maka menulislah" :-)

Tentu saja, selain untuk menambah kompetensi pustakawan di bidang kepenulisan ilmiah maupun populer, Klinik Kepenulisan ini diadakan juga dengan mengusung misi untuk membekali ketrampilan pustakawan/staf perpustakaan/kepala perpustakaan sekolah dalam penulisan karya tulis ilmiah dan popular. Serta untuk mempersiapkan pustakawan/staf perpustakaan/kepala perpustakaan sekolah untuk  dapat bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah anguk-anguk di depan pintu rumah kita ini.

Output (hasil) yang akan kita dapatkan dari mengikuti platihan ini adalah... yang pertama yaitu tadi, peserta akan diikut seratakan dalam KPSI (Konferensi Perpustakaan Sekolah Indonesia) 1026 yang akan diadakan di Jakarta bulan Mei nanti. Tentu saja, Karya Tulis Ilmiah untuk call for paper konferensi Perpustakaan Sekolah Nasional dan Internasional yang akan diikutkan adalah Karya Tulis Ilmiah yang memenuhi syarat. :-) Kemudian yang kedua adalah untuk agar pustakawan atau peserta Klinik Penulisan ini dapat aktif untuk membuat Karya Tulis Populer untuk terbitan berkala/jurnal pendidikan sekolah. Selain itu, karya tulis peserta Klinik Kepenulisan ini juga akan dibukukan nantinya.

Yang lainnya? tentu saja, tidak hanya untuk Pustakawan atau Kepala Perpustakaan semata. Klinik Kepenulisan ini juga sangat bermanfaat untuk Guru atau Kepala Sekolah yang masih kesulitan melakukan riset dan membuat karya tulis ilmiah. Apalagi bagi yang sudah PNS, yang mana untuk mengajukan kenaikan golongan, salah satu syaratnya kan harus membuat karya tulis ilmiah to? ^_^

Naaaah maka dari itu, kami dari ATPUSI DIY bekerja sama dengan IPI DIY mengadakan klinik kepenulisan ini. Menghadirkan tiga orang doktor yang sangat konsen dan kompeten di bidang kepenulisan ilmiah maupun populer, tentu saja akan semakin menjadi jaminan kualitas pelatihan ini. Ketiga narasumber itu adalah:
  • Dr. Kris Budiman (Dosen Kajian Budaya dan Media Pascarsarjana UGM)
  • Dr. Labibah Zain, MLIS (Dosen Pascasarjana Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga)
  • Dr. Titik Sunarti Widyaningsih, M.Pd. (Kepala Sekolah SMPN 3 Banguntapan Bantul)
Maka, ayok ikutan segeraaaa... 

Untuk download Surat Undangan Peserta, Klik DI SINI
Untuk download rundown (jadwal kegiatan) KLIK DI SINI

Info lebih lanjut: 
Via SMS/WA
085643358078 (Anna Nurhayati)

Pendaftaran: 
Via SMS/WA
Ketik: Nama Lengkap<spasi>Instansi
Kirim ke:  085643358078

Post Comment

2 comments:

  1. Kapan diadakan acara seperti ini, mas? Saya berminat untuk ikut. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah selesai pak Wahyu... Insyaa Allah akan diadakan lagi lain kesempatan.

      Delete