Saturday, 30 January 2016

Heboh! Pelantikan Pengurus ATPUSI, Pimpinan Daerah "Dikeroyok" Pustakawan Sekolah se-Kota Jogja



Ya, Heboh!! Pelantikan Pengurus ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) Kota Yogyakarta sangat menggemparkan. Bagaimana tidak, sebuah momentum pertemuan yang sangat langkan dan jarang terjadi ketika jajaran pimpinan daerah bertemu dengan para pustakawan sekolah. Ya, hari ini Sabtu tanggal 30 Januari 2016 dilaksanakan pelatikan pengurus ATPUSI Kota Yogyakarta di Aula Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang berada di jalan Hayam Wuruk No. 11 Kota Yogyakarta berlangsung dengan sangat heboh. Jajaran pimpinan daerah Kota Yogyakarta, yaitu Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Bapak Drs. Edy Heri Suasana, M.Pd. (diwakili oleh Bapak Satriyo Kasi Pengembangan Tenaga Kependidikan), Sekretaris Komisi D DPRD Kota Yogyakarta Bpk H.M. Fauzi Noor Afshochi, serta Kepala KPAD (Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah) Kota Yogyakarta Bapak Wahyu Hendratmoko, SE., MM. kesemuanya turut hadir dalam acara pelantikan pengurus ATPUSI Kota Yogyakarta periode 2015-2019 ini.

Pada kesempatan ini, selain untuk pelantikan pengurus ATPUSI Kota Yogyakarta, kehadiran para pimpinan daerah Kota Yogyakarta ini juga ditujukan untuk memberikan "pencerahan" serta menerima aspirasi dari para pustakawan sekolah se-kota Yogyakarta. Acara pelantikan yang dirangkai dengan kegiatan seminar bertajuk "Kebijakan Pemerintah Dalam Pengembangan Kompetensi Tenaga Perpustakaan Sekolah di Kota Yogyakarta dalam Rangka Mewujudkan Pendidikan Yang Bermutu" ini benar-benar berlangusng sangat menarik dan interaktif. Pemaparan ketiga narasumber tentang kebijakan dari DPRD Kota Yogyakarta, dari KPAD Kota Yogyakarta, serta dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta sangat menarik. Ketiga narasumber yang mewakili instansi terkait sangat berkomitmen penuh mendukung kemajuan peningkatan kompetensi tenaga perpustakaan dan pustakawan sekolah di kota Yogyakarta ini.
Dari Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta, Bapak Wahyu menyampaikan siap bekerjasama dengan ATPUSI Kota Yogyakarta terkait dengan berbagaimacam kegiatan pengembangan  perpustakaan sekolah di Kota Yogyakarta. Dari Komisi D DPRD Kota Yogyakarta pun memberikan komitmen yang sangat besar terhadap perpustakaan dan pustakawan sekolah di Kota Yogyakarta, bahkan Bapak Fauzi Noor selaku Sekretaris Komisi D DPRD Kota Yogyakarta siap mengawal pelaksanaan UU No. 43 Tahun 2007 serta siap untuk mengusahakan terbitnya Perda (Peraturan Daerah) tentang Perpustakaan sebagaimana yang telah dilakukan DPRD Kab. Bantul. Sedangkan dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Bapak Satriyo memaparkan bahwa selama ini Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta telah melakukan beraga kegiatan pengembangan kapasitas tenaga pengelola perpustakaan sekolah di Kota Yogyakarta terlepas dari masih banyaknya kekurangan yang terus akan diperbaiki. Bahkan sekira bulan Maret nanti, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta akan mengadakan Workshop bagi pengelola perpustakan sekolah se-kota Yogyakarta yang tentu saja nanti akan bekerja sama dengan ATPUSI Kota Yogyakarta.

Inilah yang ahirnya menjadikan banyak peserta yang antusias "mengeroyok" para narasumber, peserta banyak menanyakan dan menyampaikan uneg-unegnya terkait dengan kondisi perpustakaan dan pustakawan sekolah di Kota Yogyakarta ini.

Mau tahu bagaimana suasana pelantikan pengurus ATPUSI Kota Yogyakarta ini? Langsung saja, simaaak gaaan... ^_^


Dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya"






Sambutan Ketua Panitia
 


Pengurus ATPUSI Kota Yogyakarta dilantik oleh Ketua ATPUSI DIY
 


Pembacaan Ucap Janji ATPUSI
 

Penyerahan Mandat
 

Pemberian Ucapan Selamat oleh Tamu Undangan
 





Sambutan Ketua ATPUSI Kota Yogyakarta Terpilih
 


Ketua ATPUSI DIY didampingi Sekretarisnya, Kompak


Tamu Undangan

Peserta dan Suasana Seminar 
















Sesi Tanya Jawab, Interaktif
 





Panitia yang juga para pangurus ATPUSI Kota Yogyakarta yang baru, eksis. 
 


Sponsor

Suasana Sidang Pleno Proker
 




Peserta Pulang



 
Pengurus ATPUSI Kota Yogyakarta bersama Pengurus ATPUSI DIY dan Pengurus ATPUSI Pusat



Post Comment

2 comments:

  1. om danil bukan kudanil1 February 2016 at 12:31

    Sipp..maturnuwun mas Teguh..
    Membuat semakin bergairah dunia perpustakaan..
    Salam Sukacita

    ReplyDelete